SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komik “Line Webtoon” Berbahasa Arab sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kelas X Madrasah Aliyah (MA)

SYIFA'UN NASUKHA

Abstrak


RINGKASAN

 

Nasukha, Syifa’un. 2018. Pengembangan Komik “Line Webtoon” Berbahasa Arab sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kelas X Madrasah Aliyah (MA). Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Achmad Tohe, M.A., Ph.D,  (II) Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan berbicara, Komik “Line Webtoon”, Media Pembelajaran

 

Saat ini kemampuan berbicara bahasa Arab siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya perbendaharaan media pembelajaran bagi guru bahasa Arab. Padahal seiring dengan perkembangan teknologi, jenis media pembelajaran semakin bervariasi. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan saat ini adalah komik “Line Webtoon”. Banyak kalangan muda yang suka membaca komik “Line Webtoon” karena gambar dan alur ceritanya menarik, serta dapat dibaca secara gratis melalui internet.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil pengembangan media komik “Line Webtoon” berbahasa Arab, (2) mendeskripsikan cara penggunaan media komik “Line Webtoon” berbahasa Arab, dan (3) mendeskripsikan kelayakan produk media komik “Line Webtoon” berbahasa Arab sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara kelas X MA.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) oleh Borg dan Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan pembuatan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) uji validasi, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil wawancara, observasi dan saran dari para validator, sedangkan data kuantitatif berupa nilai validitas hasil uji ahli dan lapangan.

Hasil penelitian ini berupa komik “Line Webtoon” berbahasa Arab online dan offline (e-book) untuk pembelajaran keterampilan berbicarakelas X MA dengan tema hiwayah, yaitu berenang dan membaca. Media ini valid digunakan.