SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

nalisis Kesalahan Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Arab Kelas X, XI, dan XII Madrasah Aliyah Terbitan Kementerian Agama.

ANIS FAIZAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Faizah, Anis. 2018. Analisis Kesalahan Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Arab Kelas X, XI, dan XII Madrasah Aliyah Terbitan Kementerian Agama. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd. (2) Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: kesalahan berbahasa, buku teks bahasa Arab, bahasa Arab, analisis kesalahan.

Buku teks Bahasa Arab terbitan Kementerian Agama merupakan salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Aliyah (MA). Akan tetapi materi-materi yang terdapat dalam buku tersebut masih terdapat banyak kesalahan bahasa, baik dari segi imla’, penggunaan kosa kata, nahwu maupunn sharaf yang menyimpang dari kaidah tata bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan imla’, (2) kesalahan penggunaan kosa kata, (3) kesalahan nahwu, dan (4) kesalahan sharaf dalam buku teks bahasa Arab kelas X, XI, dan XII MA terbitan Kementerian Agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitan adalah variasi kesalahan imla’, penggunaan kosa kata, nahwu, dan sharaf. Adapun sumber datanya adalah buku teks bahasa Arab kelas X, XI, dan XII MA terbitan Kementerian Agama. Instrumen penelitian ini adalah humant instrument dan tabel variasi kesalahan sebagai instrumen pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumenter. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) kesalahan imla’ terdiri atas penulisan hamzah, penulisan Alif Layyinah, penulisan fonetis hijaiyah, dan penulisan harakat, 2) kesalahan penggunaan kosa kata terdiri atas Kalimah Isim, Kalimah Fi’il dan Kalimah Huruf (idiom), (3) kesalahan sintaksis terdiri atas mubtada’, khabar, fi'il, fa'il, Maf'ul Bih, Tarkib Washfiy, Tarkib Idlafiy, Isim Nakirah, Naibul Fa’il, Isim Ghairu Munsharif, tawabi’, dan Jar Majrur, (4) kesalahan morfologis terdiri atas Fi'il Madli, Fi'il Mudlari', mashdar, Isim Dlamir, Isim Fa'il, Isim Isyarah dan Isim Makan. Adapun jumlah kesalahan setiap aspek di atas adalah 77 kesalahan imla’, 34 kesalahan penggunaan kosa kata, 267 kesalahan nahwu, dan 27 kesalahan sharaf. Dari hasil penelitian ini, dapat dikemukakan beberapa saran, antara lain: (1) bagi guru bahasa Arab diharapkan dapat selektif dalam memilih bahan ajar yang berkualitas serta mampu menguasai kaidah-kaidah tata bahasa Arab yang benar, (2) bagi penulis dan penerbit buku diharapkan dapat menerbitkan bahan ajar yang berkualitas dan bebas dari kesalahan serta melakukan evaluasi terkait materi-materi yang termuat di dalam buku teks sebelum diterbitkan dan ii dipublikasikan kepada khalayak umum dan lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.