SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa Kelas X IPA 4 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang

Zulfa Inayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Data hasil ulangan akhir semester  I menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X IPA 4 MAN Gondanglegi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu, hasil observasi pembelajaran yang dilakukan peneliti pada bulan Agustus 2017 juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode diskusi yang diterapkan oleh guru tampak tidak efektif. Hasil Pre-Test membaca teks bahasa Arab siswa kelas X IPA  4 yang diadakan pada tanggal 6 Maret 2018 tergolong rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran Cooperative Script yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kemahiran membaca teks bahasa Arab, dan (2) peningkatan hasil belajar kemahiran membaca sesudah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas X IPA  4 di MAN Gondanglegi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 6 Maret sampai dengan 16 Maret 2018, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 16 April sampai dengan 18 April 2018. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA  4 di MAN Gondanglegi pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 25 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi: (1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan (2) hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Cooperative Script pada kemahiran membaca teks bahasa Arab kelas X IPA  4 MAN Gondanglegi mempunyai 5 tahap yaitu (1) menyampaikan tujuan dan memotifasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, dan (5) penutup, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kemahiran membaca teks bahasa Arab kelas X IPA  4 MAN Gondanglegi.