SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Permasalahan Belajar Maharah Kalam pada Mahasiswa Semester 3 Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dan Solusinya.

Rizania Firdayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdayanti, Rizania. 2016. Permasalahan Belajar Maharah Kalam pada Mahasiswa Semester 3 Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dan Solusinya. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Muhaiban dan (2) Laili Maziyah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Analisis, permasalahan belajar, maharah kalam, solusi.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang digunakan oleh mayoritas penduduk bumi untuk bertransaksi dan berhubungan dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan Maharah kalammerupakan salah satu maharah kebahasaan yang menyempurnakan maharah-maharah lain dalam pembelajaran bahasa Arab. Maharah kalam menjadi salah satu mata kuliah wajib untuk mahasiswa semester satu hingga semester empat. Mahasiswa semester tiga pada jurusan ini merasa kesulitan dalam berbicara bahasa Arab, padahal mereka sudah mempelajari maharah kalam selama satu tahun

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan mahasiswa semester tiga dalam belajar maharah kalam jika dilihat dari: (1) faktor internal beserta solusinya (2) faktor eksternal beserta solusinya (3) faktor kebahasaan beserta solusinya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah permasalahan yang berhubungan dengan maharah kalam pada mahasiswa semester tiga jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang. Sedangkan sumber data adalah mahasiswa semester tiga. Peneliti mengumpulkan data dengan menyebarkan angket kepada seluruh mahasiswa semester tiga yang berjumlah 70 orang. Dalam angket tersebut terdapat enam belas pertanyaan tentang permasalahan mereka dalam belajar kalam dan beberapa solusinya. Selain itu, peneliti melakukan wawancara kepada delapan belas mahasiswa untuk menguatkan hasil angket. Instrumen penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, dan buku. Langkah analisis data dalam penelitian ini adalahpengumpulkan data, pengklasifikasian data, pemaparan data, dan menyimpulkan permasalahan mahasiswa beserta solusinya.

Hasil penelitian ini adalah mahasiswa memiliki permasalahan dalam belajar maharah kalamdan peneliti menemukan cara untuk mengatasinyayaitu sebagai berikut: permasalahan jika dilihat dari faktor internal: (1) faktor kecerdasan, (2) faktor pembiasaan, (3) faktor motivasi. Solusi untuk mengatasinya adalah sebagai berikut: (1) jurusan sastra Arab seharusnya tidak membagi kelas atas dasar kecerdasan mahasiswa dan tidak membeda-bedakan antara mahasiswa yang pandai dengan mahasiswa yang kurang pandai, (2) jurusan sastra Arab wajib membuat peraturan tertentu di Self Access Center (SAC) untuk mengembangkan bi’ah lughawiyah.Begitu juga penjaga SAC wajib mengingatkan mahasiswa agar berbicara bahasa Arab ketika berada di SAC, (3) tema yang dipelajari menarik dan bermanfaat bagi mahasiswa, tujuan pembelajaran teratur dan jelas, guru wajib memberitahu kepada mahasiswa tentang tujuan pembelajaran, kompetensi, hasil belajar mereka, dan lain sebagainya.

Permasalahan jika dilihat dari faktor eksternal: (1) faktor keluarga dan kondisinya. (2) faktor sosial dan kebuadayaan, (3) faktor lingkungan sosial. Solusinya adalah sebagai berikut: (1) solusi untuk faktor keluarga beserta kondisinyasama dengan solusi untuk faktor pembiasaan dan faktor lingkungan.(2) terdapat guru Arab asli agar mahasiswa dapat mengetahui sosial budaya Arab lebih banyak, sehingga mahasiswa dapat menggunakan istilah-istilah Arab sesuai dengan keadaan dan yang diinginkan.

Permasalahan jika dilihat dari faktor kebahasaan: (1) mufradat, (2) tarkib. Solusi untuk mengatasinya adalah sebagai berikut: (1) menggunakan strategi: pertama, membuat hubungan mental. Kedua, mengaplikasikan kesan visual dan audio. Ketiga, aksi dan tindak balas. (2) menggunakan strategi: pertama, menggunakan formula dan pola. Kedua, membuat ungkapan, dan yang terakhir menganalisis.