SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyusunan Kamus Bahasa Arab Jurnalistik “Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab” Berdasarkan Buku Bahasa Arab Jurnalistik: Ucapan Selamat, Ucapan Belasungkawa, dan Periklanan Karya Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd.

Shovi Maryam

Abstrak


ABSTRAK

 

Salah satu cara penyebaran bahasa Arab yaitu melalui media massa baik cetak maupun elektronik. Pembelajaran bahasa Arab jurnalistik di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang difasilitasi dengan adanya buku Bahasa Arab Jurnalistik yang ditulis oleh Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd. Kenyataanya, banyak di antara mahasiswa yang mempelajari buku tersebut belum terbiasa dengan bahasa koran, bahkan mereka kesulitan memahami kandungan maknanya. Di samping itu belum diterbitkan kamus bantu atau kamus jurnalistik yang memudahkan para mahasiswa dan para pembaca untuk memahami kosa kata dan ungkapan dari buku tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perancangan Kamus Bahasa Arab Jurnalistik “Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab”, karakteristik perancangan Kamus Bahasa Arab Jurnalistik “Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab”, dan efektivitas perancangan Kamus Bahasa Arab Jurnalistik “Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab”.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Borg dan Gall yang diringkas langkah-langkahnya dari sepuluh menjadi lima langkah. Langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan dan pengumpulan data, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) uji coba, dan (5) revisi produk.

Karakteristik Kamus Bahasa Arab Jurnalistik adalah (1) berukuran 14 x 21 cm, (2) terdiri dari 318 halaman, (3) sampul didesain menggunakan aplikasi Corel Draw, warna dasar magenta, sedangkan sampul dalam berwarna hitam putih, (4) isi kamus tersusun dari sampul depan, sampul dalam, identitas buku, pengantar, petunjuk penggunaan kamus, daftar isi, kosa kata Arab-Indonesia, kosa kata Indonesia-Arab, daftar rujukan, tentang penyusun, dan terakhir sampul belakang. Setiap bab dan tema terdapat pembatas yang dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan tema. Adapun penyusunan kamus ini berdasarkan sistem alphabet.

Hasil penelitian ini terdiri dari tiga pihak (validator, dosen dan para mahaisiswa mata kuliah Bahasa Arab Media Massa). Berdasarkan validator ahli, rata-rata tingkat efektivitas produk ini sangat efektif pada bidang isi, di bidang desain sangat efektif. Menurut dosen pengampu mata kuliah Bahasa Arab Media Massa, produk ini memiliki efektivitas sangat efektif, adapun menurut mahasiswa mata kuliah tersebut, produk ini juga sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran di antaranya bagi dosen pengampu mata kuliah Bahasa Arab Media Massa sebaiknya para mahasiswa disarankan untuk memakai kamus ini sebagai kamus bantu buku Bahasa Arab Jurnalistik. Untuk para mahasiswa, sebaiknya mereka menggunakan kamus ini agar bisa memahami isi kandungan buku Bahasa Arab Jurnalistik pada khususnya dan mengetahui kosa kata jurnalistik pada umumnya.