SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Screenlock Pada Android Untuk Menambah Kekayaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah

Mochammad Al Ayubi

Abstrak


ABSTRAK

 

Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab agar terampil dalam berkomunikasi. Kosakata perlu dipelajari, dimengerti, dan dipahami guna menyerap informasi, berkomunikasi, serta menuangkan ide dalam bentuk lisan maupun tulisan. Pembelajaran kosakata menggunakan metode tradisional dan monoton menyebabkan siswa malas dan kurang tertarik mempelajari bahasa Arab. Penggunaan media dalam kegiatan belajar dan mengajar menjadi salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan. Seiring dengan kemajuan teknologi, handphone dapat dijadikan sebagai media pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.

Berpijak dari permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) membuat media pembelajaran berupa aplikasi screenlock pada android untuk menambah kekayaan kosakata bahasa Arab siswa kelas X MA dan (2) mendeskripsikan kelayakan aplikasi.

Rancangan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian sehingga menjadi (1) analisis kebutuhan, (2) penyusunan produk, (3) uji ahli, (4) revisi tahap I, (5) uji lapangan, (6) revisi akhir, dan (7) diseminasi.

Hasil akhir penelitian ini berupa (1) produk media pembelajaran berbasis android berupa aplikasi screenlock; Aplikasi ini memuat 70 soal pilihan ganda seputar kosakata bahasa Arab yang muncul secara acak setiap layar handphone menyala; Pengguna dapat memfungsikan handphone setelah menjawab soal dengan benar. (2) Aplikasi dinyatakan layak (85%) berdasarkan hasil uji ahli dan uji lapangan. Hasil uji ahli materi menerangkan bahwa aplikasi layak (82%); Hasil uji ahli media membuktikan bahwa aplikasi layak (82%); Hasil uji lapangan oleh guru mengindikasikan bahwa aplikasi layak (95%); Hasil uji lapangan oleh 22 siswa kelas X IPS I menunjukkan bahwa aplikasi layak (81%).