SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN QAWA’ID BAHASA ARAB SISWA KELAS XI PROGRAM BAHASA MADRASAH ALIYAH

manda putri Pavilyun

Abstrak


Pavilyun, Manda Putri. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Qawa’id
Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah.  Skripsi, Jurusan Sastra
Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.
H. Moh. Khasairi, M.Pd., (2) Ali Ma‟sum, S.Pd, M.A
 
Kata kunci: modul pembelajaran bahasa Arab, qawa’id, Madrasah Aliyah.
 
 
Dewasa ini para pembelajar dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran.
Sistem pembelajaran kuno seperti teacher centered sudah tidak relevan lagi untuk
diterapkan  dalam  pembelajaran  masa  kini.  Hal  tersebut  memberi  pengaruh
tersendiri  bagi  para  pembelajar,  khususnya  dalam  hal  alat  atau  sumber  belajar, 
karena  sumber  belajar  merupakan  salah  satu  komponen  yang  bisa  digunakan
untuk meningkatkan kemandirian  siswa. Sumber belajar yang banyak digunakan
untuk menunjang  pemahaman  siswa  dalam  belajar  qawa’id  bahasa Arab  adalah
buku  paket.  Tetapi  buku  paket  belum  semuanya  memberikan  tempat  yang
memadai  pada  siswa  untuk  dapat  memahami  materi  secara  spesifik  dan
menyeluruh.  Para  siswa  tersebut  membutuhkan  komponen  penunjang
pembelajaran  qawa’id  untuk  lebih mudah  dalam memahami  dan  sebagai  paket
belajar mandiri yang menyenangkan.
Tujuan  penelitian  adalah  untuk  mendeskripsikan:  (a)  pengembangan
modul pembelajaran  qawa’id bahasa Arab  siswa kelas XI Madrasah Aliyah,  (b)
kelayakan modul  pembelajaran  qawa’id  bahasa Arab  siswa  kelas XI Madrasah
Aliyah,  dan  (c)  kelemahan  dan  kelebihan modul  pembelajaran  qawa’id  bahasa
Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah.
Modul yang dihasilkan berupa buku yang disusun secara sistematis untuk
belajar mandiri  siswa. Modul pembelajaran  ini didesain  full  colour mulai depan
sampai  belakang.  Modul  pembelajaran  ini  memiliki  beberapa  bagian.  Bagian
depan  yang meliputi  cover,  daftar  isi,  dan  kata  pengantar,  bagian  kedua  adalah
bagian inti yaitu isi, dan bagian akhir adalah evaluasi menyeluruh dari materi yang
telah dipelajari dalam modul.
Rancangan  penelitian  yang  digunakan  adalah  rancangan  penelitian
pengembangan. Uji  lapangan dilaksanakan di MAN Gondanglegi, Malang,  Jawa
Timur.  Prosedur  penelitian  ini  adalah:  (1)  menganalisis  kebutuhan,  (2)
merumuskan  tujuan,  (3)  mengembangkan  materi,  (4)  memproduksi  media,  (5)
memvalidasi,  (6) melakukan uji coba perorangan dan uji coba  lapangan, dan  (7)
merevisi. 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  modul  ini  mencapai  tingkat
kelayakan 85,42%  atau bisa dikatakan valid dan  telah memenuhi kriteria modul
pembelajaran yang  cocok untuk  siswa. Selain  itu modul yang dikembangkan  ini
melalui  beberapa  kali  revisi.  Revisi  dilakukan  atas  dasar  saran,  kritik,  dan
komentar dari masing-masing validator.
Berdasarkan  hasil  uji  coba  di  MAN  Gondanglegi  yang  telah  peneliti
lakukan,  diketahui  bahwa  modul  pembelajaran  qawa’id  bahasa  Arab  ini
mempunyai  beberapa  kelebihan  diantaranya:  (a)  sistematika  penulisan  dari  segi teks,  font,  ukuran  dan warna mudah  dan  jelas  dibaca,  (b) mudah  dipahami,  (c)
siswa mendapatkan  pemahaman  yang  lebih  banyak  dibandingkan  dengan  hanya
menggunakan buku ajar,  (d) siswa  lebih senang menggunakan modul  ini sebagai
sumber  belajar  qawa’id,  dan  (e)  skematika  penyusunan modul  tidak  jauh  beda
dengan  buku  ajar,  sehingga  memudahkan  siswa  dalam  menggunakannya.
Meskipun  mempunyai  kelebihan,  modul  pembelajaran  ini  juga  mempunyai
kelemahan,  antara  lain:  (a)  sedikitnya  soal  yang  terdapat pada  setiap materi,  (b)
beberapa  penjelasan  dari  materi  kurang  bisa  memahamkan  siswa,  dan  (c)
kurangnya variasi soal disetiap materinya. 
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk
mengkaji, memodifikasi dan memperkecil kekurangan pada modul pembelajaran
qawa’id  bahasa Arab  ini  sehingga modul  ini  dapat  digunakan  sebagai  referensi
dan  salah  satu  sumber belajar bagi  siswa. Selain  itu modul  ini diharapkan dapat
menjadi salah satu model pembelajaran bahasa Arab oleh guru yang lebih menarik
dan variatif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.