SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teknik Persuasi Iklan Gojek di Youtube

Fathiyatul Ummah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik persuasi dan bahasa iklan dalam iklan Gojek di Youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini antara lain (1) terdapat delapan bentuk teknik persuasi iklan Gojek di Youtube (2) Penggunaan bahasa iklan dipengaruhi dua komponen, yaitu gaya bahasa dan kalimat berdasarkan fungsinya, gaya bahasa terdiri dari a) gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang berupa gaya bahasa eritosis, hiperbola, aliterasi, dan politededon, b) gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang berupa gaya bahasa klimaks dan gaya bahasa antiklimaks, dan c) gaya bahasa berdasarkan pilihan kata yang berupa gaya bahasa percakapan. Sedangkan kalimat berdasarkan fungsinya terdiri dari yaitu a) kalimat deklaratif, b) kalimat interogatif, dan c) kalimat imperatif.