SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AKU MAHIR MEMBACA DAN MENULIS HURUF ARAB UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN

Nurul Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Nurul. 2018. Pengembangan Buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab untuk Pembelajaran Bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Quran.Skripsi.Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Drs. Muhaiban. (II): Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Mahir Membaca, Huruf Arab, TPQ

Anak-anak pada usia prasekolah membutuhkan sesuatu yang menarik agar mau belajar. Tujuan pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini adalah untuk memperkenalkan bahasa Arab sebagai fondasi awal dalam belajar bahasa Arab di masa selanjutnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melakukan inovasi terhadap buku ajar semenarik mungkin. Buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab adalah buku penunjang pembelajaran baca-tulis huruf Arab di Taman Pendidikan Al-Quran khususnya untuk anak prasekolah. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk dan mendeskripsikan keefektifan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab.

Penelitian buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab menggunakan metode pengembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifkasi menjadi tujuh langkah berikut (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) penyusunan draf, (4) uji ahli, (5) revisi 1, (6) uji lapang, dan (7) revisi 2. Subjek penelitian adalah anak kelas A TPQ Darussalam Genting. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket skor penilaian ahli media dan ahli materi. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari para ahli dan praktisi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif.

Buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab terdiri dari lima bab materi sebagai berikut (1) mengenal huruf hijaiyah, (2) mengenal harakat, (3) huruf sambung, (4) tanwin dan mad, (5) sukun dan tasydid, dan dilengkapi dengan pramenulis sebelum anak mulai pada huruf lepas. Pengembangan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab telah melewati tahapan uji validasi materi, uji validasi media, dan uji lapang. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab baik/layak untuk digunakan.