SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMETAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMAN SE-KOTA MALANG

yuyun Musyarofah

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peta pembelajaran bahasa Arab di SMAN di Kota Malang, yaitu: kebijakan dan dukungan sekolah, kurikulum, kualifikasi guru, materi pembelajaran,  metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 SMAN di Kota Malang. Data penelitian berupa jawaban dari butir-butir pertanyaan pada angket dan jawaban dari hasil interviu bebas. Sumber data pada penelitian ini adalah guru bahasa Arab di SMAN kota Malang dan waka kurikulum di SMAN Kota Malang yang tidak mengajarkan bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan penyebaran angket pada guru bahasa arab di SMAN Kota Malang dan interviu bebas dengan waka kurikulum di SMAN Kota Malang yang tidak mengajarkan bahasa Arab. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah: )1) persiapan, )2) klasifikasi data, )3) tabulasidan)4) interpretasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) kebijakan dan dukungan yang diterapkan pihak sekolah terhadap pembelajaran bahasa Arab sudah baik ,(2)SMAN di Kota Malang yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab menggunakan kurikulum 2013 dari kemendikbud, (3) seluruh guru telah memenuhi standard kualifikasi akademik sesuai dengan peraturan pemerintah yang telahditetapkan yaitu telah menempuh pendidikan S1 bahasa Arab, (4) sebagian besar guru menggunakan materi berupa buku teks dan sebagian guru juga menggunakan buku penunjang serta menyusun materi sendiri untuk menambah wawasan siswa tentang kebahasaaraban (5) seluruh guru lebih banyak menggunakan metode audio lingual dalam mengajarkan bahasa Arab daripada metode yang lainnya(6) mayoritas guru menggunakan media pembelajaran yang variatif,dan (7) seluruh guru melakukan evaluasi pembelajaran setiap akhir unit pelajaran, sedangkan tes yang digunakan berupa tes tulis dan tes lisan secara berimbang.

Saran peneliti kepada pihak-pihak yang terkait yaitu: (1) kantor kepala Diknas Kota Malang hendaknya mendukung pembelajaran bahasa arab agar dibuka di seluruh SMAN, (2) prodi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Malang hendaknya menjalin kerjasama dengan kemendikbud dan sekolah-sekolah SMAN untuk menambah keterampilan lulusannya,(3) kepala sekolah hendaknya mendukung pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik dengan menyediakan media yang fungsional, (4) guru bahasa Arab yang belum pernah mengikuti penataran, seminar atau loka karya tentang bahasa Arab hendaknya sering mengikuti penataran, seminar atau loka karya tentang bahasa Arab untuk meningkatkan profesionalisme guru itu sendiri