SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

AnalisisKohesidanKoherensipadaAl-MukhtasharAl-Mukhtar Min TafsirAl- Sya`Rawi Li Al-Qur`An Al-`Adhim Surah Al-An’am

Fitria Tuzzuhro

Abstrak


ABSTRAK

 

Keutuhan dalam sebuah teks berhubungan erat dengan bagaimana membangun hubungan yang adadalam suatu rangkaian kalimat menjadi kohesif dan koheren. Dengan demikian pesan dan informasi yang disampaikan dalam teks bisa ditangkap dengan jelas oleh pembaca tanpa menimbulkan penafsiran yang ambigu. Kohesi dan koherensi tersebut kemudian membentuk kesatuan makna yang logis dan berkesinambungan, sehingga akan didapati wacana yang kohesif.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi yang digunakan Imam Al- Sya`rawi dalam karyanya Al- Mukhtashar Al-Mukhtar Min TafsirAl- Sya`rawi Li Al-Qur`An Al-`Adhim surah al-An’am. Penelitian ini memanfaatkan juga bidang ilmu balaghah, yaitu washl, qashr dan tikrar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, frasa, atau klausa. Data bersumber dari teks penafsiran ayat-ayat al-Qur’an yang berbahasa Arab yang terdapat dalam tafsir al- Sya`rawi khususnya surah al-an’am yang terdiri dari 165 ayat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa piranti kohesi yang digunakan dalam Tafsir Al- Sya`rawi khususnya surah al-An’am adalah piranti kohesi gramatikal, yang meliputi referensi endofora atau eksofora, subtitusi, dan konjungsi dengan huruf-huruf tertentu. Sedangkan piranti leksikal yang digunakan dalam tafsir tersebut adalah reiterasi  yang terdiri dari repetisi, antonimi dan ekuivalen. Sementara itu, untuk hubungan koherensi dalam tafsir ditandaidengan adanya kontinuitas konsep dan relasi, adanya perkembangan paragraf dan tidak adanya kontra diksi antar paragraf. Jadi, perwujudan piranti kohesi dan koherensi tersebut tersedia dalam tafsir ini, sehingga menjadikan tafsir kohesif dan koheren serta dapat dibaca dan dipahami dengan mudah oleh pembaca.