SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Struktural Semiotik Pada Cerpen “Saaqi” Karya Nidhal Hamad

putri estuandari

Abstrak


Cerpen Saaqi merupakan salah satu cerpen karya Nidhal Hamad  yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Nidhal Hamad adalah sastrawan dan jurnalis Palestina yang karya-karyanya sudah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan memperoleh banyakpenghargaan. Kajian struktural semiotik dipilih sebagai pisau analisis mengingatcerpen ini banyak menampilkan tema, plot/alur, tokoh dan penokohan, setting/latar, sudut pandang,amanat dansatuan cerita yang kompleks, dan mengandung makna-makna tersirat. Dengan demikian, semua unsur tersebut akandikaji secara struktural semiotik agar makna yang terkandung di dalamnya dapatdiketahui. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikanunsur-unsur intrinsik dan keterkaitan antar unsur pada cerpen Saaqikarya Nidhal Hamad, dan (2) mendeskripsikan penanda danpetanda dalam cerpen tersebut.

Penelitian ini menggunakan teknik rancangan penelitian kualitatif dengan bentukdeskriptif, yaitu mendeskripsikan teks yang mengandung struktural semiotik. Sumberdata penelitian ini berupa dokumen yaitu cerpen Saaqi. Sedangkan, datanya adalah teks-teks dalam cerpen Saaqiyang memuat unsur-unsur intrinsik cerpen yang berupatema, plot/alur, tokoh dan penokohan, setting/latar, sudut pandang, amanat, danpenanda penting yang memiliki makna. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dalam penelitian ini, penelitisebagai instrumen utama (human instrument). Dalam rangka menjaga keabsahan data,peneliti membaca, memahami unsur-unsur struktural semiotik yang ada pada cerpenSaaqi, kemudian meneliti ulang unsur-unsurstruktural semiotik tersebut dengan berpedoman pada rujukan yang berkaitan danberdiskusi dengan pembimbing dan teman.

Berdasarkan analisis data, diperoleh dua simpulan hasil penelitian

sebagai berikut. Pertama, hasil penelitian berupa unsur-unsur intrinsik dalam cerpenSaaqiyang meliputi tema “pasrah menerima takdir Allah”,  plot/alur campuran, tokoh dan penokohan “dia” dan “pak haji,setting/latar meliputi tempat, waktu, dan suasana, sudut pandang “persona ketiga”, amanat “kesabaran dan ketabahan”,dan dari unsur-unsur tersebut mengandungketerkaitan satu sama lain dalam mendukung tema. Cerpen Saaqi bertema pasrah menerima takdir Allah dengan tokoh utama “Dia”. Sudut pandang cerpen ini menggunakan sudutpandang persona ketiga”dia” sebagai tokoh utama. Setting cerpen menyoroti rumah, pasar, kamar, bangunan kecil, dan laut. Alur cerpen disajikan dalam bentuk alur campuran. Kedua, hasil penelitian menunjukkan kajian struktural dan dilengkapi dengan penyajian analisis semiotik dengan menggunakan teori Saussure yang menghasilkan penanda dan petanda berupa rumah, pasar, laut, kasur dan  rumah sakit yang menujukkan setting utama cerpen Saaqi mengangkat daerah seputar negara di Laut Tengah, dan penanda kaki, mimpi buruk, amputasi, kruk, ikan, air, meja kecil, haji,Allah, dan Malaikat yang menunjukkan kesabaran seseorang dan pasrah akan takdir Allah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disampaikan saran-saran sebagai berikut. (1) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan penelitian terhadap cerpen Saaqi. Misalnya, metode gaya bahasa dalam cerpen ini (2) Bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab, dapat dijadikan salah satu rujukan dalam memperkaya khasanah ilmu pengetahuan hasil penelitian dalam bidang sastra khususnya pada mata kuliah Dirasah Natsriyah.