SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Gambar Berangkai (Flowchart) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Maharah Istima’ Kelas VII-A MTs Hasyim Asy’ari-Batu

Wahyu Azzahroh.

Abstrak


Azzahroh, Wahyu . 2018. Penggunaan Media Gambar Berangkai (Flowchart) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Maharah Istima’ Kelas VII-A MTs Hasyim Asy’ari-Batu. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurhidayati, M.Pd. (2) Laily Maziyah, M.Pd.

 

Kata Kunci: media gambar berangkai (flowchart),  pembelajaran maharah istima’, MTs Hasyim Asy’ari-Batu

 

Pembelajaran bahasa Arab di MTs Hasyim Asy’ari-Batu mengalami perkembangan yang baik, namun permasalahan timbul karena kurangnya guru bahasa Arab alumni pendidikan bahasa Arab sehingga guru Agama harus menggantikan posisi yang kosong. Selain itu, sarana dan prasarana seperti laboratorium bahasa dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang menyebabkan timbulnya masalah pembelajaran, khususnya pada maharah istima’. Latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda juga menentukan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab. Kesulitan umum yang ditemui siswa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kurangnya pemahaman gramatika, dan khususnya pada maharah istima’ adalah kurangnya kosakata yang dikuasai dan belum terbiasa dengan latihan menyimak.

Media gambar berangkai (flowchart) merupakan media berupa gambar-gambar yang diurutkan sesuai dengan jalan cerita dalam teks simakan sehingga mampu mengarahkan siswa dalam menyelesaikan latihan menyimak. Dengan begitu, siswa dengan lebih mudah dapat menyelesaikan latihan menyimak dan dapat menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media gambar berangkai (flowchart) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maharah istima’ siswa kelas VII-A MTs Hasyim Asy’ari-Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada 5 Januari 2018 hingga 22 Januari 2018. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian diperoleh dari nilai pre-test, post-test siklus I, post-test siklus II, dan hasil pengamatan/observasi.

Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) nilai rata-rata pre-test maharah istima’ siswa kelas VII-A MTs Hasyim Asy’ari adalah 62,42 dengan prosentase ketuntasan 27,27%, (2) nilai rata-rata post-test siklus I adalah 73,9 dengan prosentase ketuntasan 53,1%, dan (3) nilai rata-rata post-test siklus II adalah 90,17 dengan prosentase ketuntasan 100%. Dari hasil yang telah didapatkan, dapat diketahui bahwa setiap siklus terdapat peningkatan hasil belajar maharah istima’ siswa kelas VII-A MTs Hasyim Asy’ari-Batu dan siklus II menunjukkan ketuntasan nilai siswa dengan perolehan di atas Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yaitu 75.