SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Sosiologi Sastra pada Tokoh Utama dalam Novel Arrajullu Alladzi Ᾱmana Karya Najib Al-Kaelani

novi ariyanti

Abstrak


Novel Arrajullu Alladzi Ᾱmana adalah sebuah karya sastra yang sangat menarik. Najib Kaelani mengarang novel ini bukan semata menulis sebuah cerita, melainkan juga sebagai sarana dakwah melalui tulisan. Tokoh utama dalam novel ini sangat menarik karena mengalami berbagai konflik-konflik dalam mencari jati dirinya hingga pada akhirnya ia memeluk Islam. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti sosiologi tokoh utama dalam novel ini.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) wujud tokoh dan penokohan, (2) sosiologi tokoh utama, dan (3) penerapan kajian sosiologi tokoh utama dalam novel  Arrajullu Alladzi Ᾱmana pada pembelajaran telaah prosa.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini berupa cerita novel karya Najib Al-Kaelani. Fokus penelitian ini adalah tokoh dan penokohan, sosiologi tokoh utama, dan implikasinya pada pembelajaran telaah prosa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Agar data-data yang diperoleh valid, maka peneliti menggunakan triangulasi sumber sebagai pengecekan keabsahan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh dan penokohan novel Arrajullu Alladzi Ᾱmana sebagai berikut.(1) Iryan, sosok yang memiliki keinginan kuat, pekerja keras, cerdas, penyayang, baik hati serta sopan. (2) Sophia, sosok wanita yang sombong, keras kepala, suka berfoya-foya, semena-mena. (3) Syamsi, seorang penari wanita yang pekerja keras, sombong, angkuh, matrealistis. (4) Maishun, sosok istri yang sholehah, penyayang, lemah lembut. (5) Ayah, seorang ayah yang bijaksana, penyayang, taat agama. (6) Ibu, seorang ibu yang sangat penyayang, sabar, dan lemah lembut. (7) Ali, sosok sahabat yang baik, rendah hati, suka menolong tanpa mengaharap balasan. (8) Shaqr, sosok lelaki yang kaya raya, dermawan dan cerdas. (9) Beneto, sosok laki-laki yang tidak menghargai orang lain, menganggap dirinya selalu benar, dan jahat. (10) Syeikh Idul Husain, seorang ulama yang religius, rendah hati, bijaksana, serta tauladan yang baik. Tokoh utama dalam novel Arrajullu Alladzi Ᾱmana adalah Iryan. Sosiologi tokoh utama dibagi menjadi tiga peran yaitu peran Iryan sebagai individu, peran Iryan sebagai anggota keluarga, dan peran Iryan sebagai anggota masyarakat. Penelitian ini juga dapat diterapkan pada pembelajaran telaah prosa (dirasah natsriyah),  yaitu kajian sosiologi, dengan fokus sosiologi tokoh utama pada novel Arrajullu Alladzi Ᾱmana.