SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE SHARED READING DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MENGURUTKAN CERITA UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL ULUM CANDIPURO

nurul aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Salah satu kemahiran berbahasa yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kemahiran membaca. Namun di dalam pembelajaran kemahiran membaca di sekolah masih memiliki kendala, diantara kendala yang ada dalam pembelajaran kemahiran membaca adalah ketergantungan siswa terhadap terjemahan guru dan minimnya metode yang digunakanoleh guru. Metode pembelajaran berperan penting dalam sebuah proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan metode yang dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas. Shared reading adalah salah satu metode pembelajaran yang menuntut siswa berfikir aktif untuk memahami suatu bacaan berlandaskan kerja sama dalam kelompok.

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode shared reading dengan menggunakan permainan mengurutkan cerita untuk meningkatkan kemahiran membaca (maharah qira’ah) siswa kelas VIII-A MTs Nurul Ulum Candipuro. (2) mendeskripsikan efektifitas penerapan metode shared reading dengan menggunakan permainan mengurutkan cerita untuk meningkatkan kemahiran membaca (maharahqira’ah) siswa kelas VIII-A MTs Nurul Ulum Candipuro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi, beserta angket pasca penerapan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Sehingga terdapat empat kali pertemuan, dengandua kali pertemuan menggunakan permainan mengurutkan cerita.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemahiran membaca siswa kelas VIII-A meningkat, baik kemampuan membaca maupun kemampuan pemahaman terhadap teks qira’ah setelah diterapkannya metode shared reading dalam pembelajaran kemahiran membaca. Pernyataan tersebut berdasarkan pada data sebagai berikut: nilai rata-rata post-test 1 tulis dalam presentase sebesar 73,61% dengan jumlah nilai sebesar 1914, sementara itu nilai rata-rata post-test 1 lisan dalam presentase sebesar 69,61% dengan jumlah nilai 1810. Sedangkan nilai rata-rata post-test 2 tulis dalam presentase sebesar 80,07% dengan jumlah nilai sebesar 2082, sementara itu nilai rata-rata post-test 2 lisan dalam presentase sebesar 76,34% dengan jumlah nilai 1985. Peningkatan nilai rata-rata post-test 1 tulis ke post-test 2 tulis sebesar 6,46%. Peningkatan ini dipengaruhi oleh pengaturan waktu dan pengkondisian kelas yang baik, serta keaktifan siswa di dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada pihak sekolah metode shared reading dilakukan di kelas VIII-A khususnya dan semua kelas pada umumnya. Serta dalam penerapannya dikolaborasi dengan permainan kemahiran lainnya. Kemudian pemanfaatan dan penerapan metode ini dapat diterapkan oleh mahasiswa Jurusan Sastra Arab sebagai salah satu metode pembelajaran yang baik dalam pembelajaran. Selanjutnya bagi peneliti lain yang ingin meneliti lebih lanjut metode ini hendaknya memperhatikan sasaran pembelajaran serta materi yang akan diajarkan. Kemudian peneliti lain juga dapat menggunakan metode pembelajaran ini untuk mengembangkan kemahiran kebahasaan selainmembaca. Serta peneliti dapat menggunakan media pembelajaran atau permainan kemahiran berbahasa selain permainan yang ada di penelitian ini.