SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN BERTARAF INTERNASIONAL (MAKBI) MAN 3 MALANG”

Amnatul Latifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Latifah, Amnatul. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Madrasah Keagamaan Bertaraf Internasional (MAKBI) Man 3 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd, (II) Moh. Ahsanuddin M.Pd.

 

Kata Kunci    : Reciprocal Teaching, Kemampuan Membaca, MAN 3 Malang

            Penelitian ini berlatar belakang pada kesulitan siswa pada salah satu keterampilan berbahasa Arab yaitu kemampuan membaca. Hal ini disebabkan oleh anggapan siswa bahwa kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan yang paling sulit diantara ketiga keterampilan lainnya. Selain itu, strategi yang digunakan oleh guru bahasa Arab di sekolah tersebut membuat siswa merasa bosan dan kesulitan untuk memahami materi yang diberikan.

            Salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca  bahasa Arab adalah strategi pembelajaran reciprocal teaching. Strategi reciprocal teaching adalah strategi digunakan untuk meninjau konten dan mempraktikkan ketrampilan dan strategi timbal balik antara siswa yang belajar menjelaskan seperti guru dan terdiri dari empat prinsip kegiatan yaitu, (1) menyusun pertanyaan, (2) memprediksi, (3) mengklarifikasi, dan (4) membuat ringkasan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran timbal balik reciprocal teaching pada siswa kelas 2 MAKBI MAN 3 Malang dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa dalam strategi pembelajaran timbal balik reciprocal teaching untuk kemampuan membaca siswa kelas 2 MAKBI MAN 3 Malang.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif didapatkan dari data berupa fenomena yang terjadi dikelas terkait pembelajaran. Sedangkan kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test serta nilai siswa. Data penelitian dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi, tes dan angket. Analisis data meliputi reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 MAKBI semester ganjil tahun ajaran 2016 yang berjumlah 27 siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan kemampuan membaca pada penelitian ini dilakukan dengan cara siswa dibentuk kelompok-kelompok untuk berdiskusi memahami teks dalam paragraf. Kemudian mengisi lembar kerja siswa yang meliputi; membuat pertanyaan, memprediksi jawaban, dan merangkum. Pertemuan selanjutnya siswa dalam kelompok mempresentasikan dan juga ada sesi tanya-jawab, pada sesi itu mereka belajar mengklarifikasi pemahaman kelompok lain dalam memhami teks bacaan. 2) adanya peningkatan terhadap pemahaman belajar siswa kelas 2 MAKBI pada pembelajaran bahasa Arab kemampuan membaca setelah diterapkan strategi reciprocal teaching siswa mampu memahami, menjawab, dan membuat pertanyaan. Hasil nilai tingkat kemampuan siswa rata-rata 85 pada pre-test. Pada post-test meningkat rata-rata nilai tingkat kemampuan siswa 93. Selanjutnya dari nilai hasil siklus I rata-rata kelas 63 meningkat rata-rata nilainya menjadi 86 pada siklus II. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 23 % penilaian siklus didapat dari pengamatan guru. Sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi reciprocal teaching meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 MAKBI MAN 3 Malang