SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Teks Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah(MI) Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung

Istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah. 2018. Penggunaan Media Teks Cerita Bergambar UntukMeningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Drs. M. Syatibi Nawawi, M.Pd, (2) Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I.

 

Kata Kunci: Media, Teks Cerita Bergambar, Berbicara.

Keterampilan berbicara siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ishlah Tiudan masih belum sempurna. Pembelajaran guru masih menggunakan metode gramatikal terjemah dan terkesan monoton. Proses pembelajarannya belum memanfaatkan media pembelajaran yang memadai Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik media teks cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara, (2) Mendeskripsikan penggunaan media teks cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara, (3) Mengetahui kemenarikan produk penggunaan media teks cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara, (4) Mengetahui hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Subjek pelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 22 siswa. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu guru kelas V. Data penelitian berupa nilai hasil belajar dan lembar observasi yang diamati oleh observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pre test siswa sebelum diterapkan media teks cerita bergambar dibawah (SKM) yaitu 15 siswa dari 22 siswa, dan 7 siswa telah mencapai SKM. Kemudian pada hasil post test siklus I dari 22 siswa yang mencapai nilai SKM sebanyak 16 siswa dan siswa yang belum mencapai SKM sejumlah 6 siswa. Pada siklus II post test II dari 22 siswa yang mencapai nilai SKM sebanyak 20 siswa dan siswa yang belum mencapai SKM sejumlah 2 siswa. Pre test dan post test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas V setelah diterapkan media teks cerita bergambar. Saran untuk penelitian ini adalah (1) kepada guru bahasa Arab dapat menggunakan media teks cerita bergambar sebagai salah satu alternatif dalam mengajarkan bahasa Arab khususnya untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab, (2) kepada peneliti lain dapat dijadikan tambahan pengetahuan alternatif pembelajaran ketika terjun ke lapangan menjadi pendidik karena media pembelajaran ini sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran.