SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Bahasa Arab di Mdrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Muhammad Fatih RidlwanZamrani

Abstrak


ABSTRAK

 

Zamrani, Muh. Fatih R. 2017.PembelajaranBahasa Arab di Madrasah AliyahNegeri 1 Jember.Skripsi,JurusanSastra Arab, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. HanikMahliatussikkah,M.Hum., (II) Ali Ma'sum,S.Pd.,M.A.

 

Kata Kunci: Bahasa Arab, PembelajaranBahasa Arab, Madrasah AliyahNegeri (MAN) 1 Jember.

Keberhasilan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing tidak sekedar bertumpu pada kurikulum, akan tetapi juga pada model dan strategi pembelajaran. Guru dituntutproaktifdankreatifdalammenentukanstrategidan media pembelajaransehinggamampumenciptakansuasanapembelajaran yang menarikdantercapainyatujuanpembelajaran.Salah satulembagapendidikan yang terdapatpembelajaranbahasa Arab di Jemberadalah Madrasah AliyahNegeri 1 Jember. Madrasahinimenjadisalahsatutolakukurpembelajaranbahasa Arab di kabupatenJemberdansekitarnya.

Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikan: (1) Metodepembelajaranbahasa Arab; (2) Media pembelajaranbahasa Arab; (3) Upaya guru dalampeningkatankemampuanbahasa Arab siswa.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptifkualitatif. Terdapat empat jenis instrumen dalam pengumpulan data yaitu (1) wawancara, (2) angket,(3) observasi, dan (4) dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Adapun objekdalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember.

Hasilpenelitianiniadalahmetode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Jemberkurang variatifdanmembosankan. Siswa belumbisamenangkapapa yang disampaikan guru sepenuhnya. Begitujuga strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan kemahiran berbahasa dirasa kurang karena cenderung monoton.Penggunaan bahasa pengantar berbahasa Arab diawal pembelajaran maupun disela-sela pembelajaran cukup menimbulkan efek terhadapperkembangan pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Jember.

Fasilitas yang disediakansekolahuntukmenunjangpembelajarantermasukbahasa Arab cukupmenunjangdengantersedianya TV dan LCD-proyektor di setiapkelas.Namunmedia tersebutkurangmendapatkanperhatian. Guru bahasa Arab di MAN 1 Jembermenganggappenggunaan media pembelajarantidakmaksimal. Media yang digunakanhanyabukuteks,lembarkerjasiswa (LKS), danpapantulis.

Untukmeningkatkankemampuanbahasa Arab siswa, guru telahmelakukanbeberapaupayayaitu(1) memberikanpelajarantambahanbagisiswa yang kesulitanmemahamibahasa Arab, (2) memintasiswauntukmenghafalkanAmsilatutTashrifiyah, (3) menambahhafalankosa-kata (mufrodat), dan (4) membiasakansiswamembacateksbahasa Arab.