SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Masrohiyah untuk Pembelajaran Menyimak di Kelas X Madrasah Aliyah

nasihin -

Abstrak


ABSTRAK

 

Nashihin. 2015. Pengembangan Video Masrohiyah untuk Pembelajaran Menyimak di Kelas X Madrasah Aliyah. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Muhaiban, (2) Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: video, masrohiyah, pembelajaran menyimak

 

Berdasarkan pengalaman peneliti semasa belajar di Madrasah Aliyah, sekitar 70% siswa MAN adalah input dari SMP yang kurang menguasai bahasa Arab. Ditambah lagi dengan kurangnya media pembelajaran bahasa Arab yang menarik membuat pelajaran bahasa Arab semakin kurang diminati siswa. Untuk pembelajaran menyimak, guru hanya menggunakan lisan sebagai media dan siswa hanya mendengarkan guru layaknya ceramah.

Masalah yang akan diteliti adalah: (1) Bagaimana hasil produk pengembangan CD Masrahiyah sebagai media pembelajaran menyimak bahasa Arab. (2) Bagaimana kelayakan CD Masrahiyah sebagai media pembelajaran menyimak bahasa Arab.

Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan metode penelitian R&D, yakni dengan tahapan: (1) pengumpulan informasi, (2) pembuatan desain materi dan produk, (3) pembuatan produk awal, (4) validasi ahli materi dan media, (5) revisi produk, dan (6) uji lapangan. Tahap uji lapangan ini dilakukan pada guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas X IIS MA Bilingual Batu sebanyak 29.

Produk dari penelitian ini adalah berupa compact disk yang berisikan video masrahiyah dengan naskah hasil adaptasi materi bahasa Arab yang bertema Al-a’mal Al-yaumiyyah. Media CD masrohiyah ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran menyimak bahasa Arab dengan hasil validasi ahli materi sebesar 84,6%, ahli media sebesar 81,6%, uji coba pada guru mata pelajaran bahasa Arab sebesar 100%, dan uji coba pada siswa kelas X IIS sebesar 86,5%. Semua nilai tersebut menunjukkan bahwa media CD masrohiyah ini layak digunakan dalam pembelajaran menyimak.

. Disarankan kepada para guru mata pelajaran bahasa Arab untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab, khususnya untuk kemampuan menyimak. Sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar bahasa Arab dan pembelajaran menjadi menyenangkan.