SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penggunaan media circular card untuk meningkatkan penguasaan mufradat bahasa arab siswa kelas v madrasah al ibtidaiyah sunan kalijogo karangbesuki malang

badriyah badriyah badriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Badriyah. 2017. Penggunaan Media Circular Card Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas V Madrasah Al-Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.  Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Nurhidayati, M.Pd, (2) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd

Kata Kunci: media circular card, mufradat, bahasa Arab

 

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil studi dan hasil observasi terhadap pembelajaran bahasa Arab kelas V MI Sunan Kalijogo Malang yang dapat disimpulkan bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran dalam  pembelajaran mufradat serta siswa pasif mengikuti pembelajaran bahasa Arab di kelas. Siswa terlihat ramai dan tidak fokus mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh pada ketidaktuntasan hasil belajar siswa. Kosakata merupakan satuan kata yang mempunyai makna. Hal ini menjadi sangat penting karena pada hakikatnya dalam setiap bahasa apapun, penguasaan terhadap kosa kata adalah modal dasar dalam berbahasa, tidak terkecuali dalam bahasa Arab. Media circular card adalah salah satu jenis media gambar dan berbentuk lingkaran yang di dalamnya terdapat beberapa gambar sesuai dengan tema pembelajaran. Media circular card dapat membantu guru untuk meyampaikan makna mufradat dengan bantuan gambar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan media circular card dalam pembelajaran mufradat siswa kelas V MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang dan untuk mendiskripsikan peningkatan penguasaan mufradat sebagai hasil pembelajaran dengan menggunakan media circular card siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas V Madrasah Al-Ibtidaiyah Sunan Kalijogo  Karangbesuki Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Madrasah Al-Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang yang berjumlah 30 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media circular card dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya penguasaan mufradat. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil pretest dengan presentase 49,70%  dalam kategori kurang kemudian pada evaluasi postest  siklus I dengan presentase 60,50% dalam kategori cukup dan semakin meningkat pada evaluasi postest siklus II dengan presentase 87,50% dalam kategori memuaskan.

Pembelajaran bahasa Arab hendaknya memanfaatkan media yang sesuai misalnya media circular card sebagai tambahan alternatif pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran mufradat. Media circular card juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa asing lainnya.