SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Scramble Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan

Lailatul Maghfiroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Maghfiroh, Lailatul. 2017. Penerapan Media Scramble Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd dan Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd

 

Kata Kunci: Penerapan, Kosakata, Scramble

 

   Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata bahasa Arab. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siswa memiliki minat yang rendah terhadap bidang studi bahasa Arab. Rendahnya minat tersebut disebabkan karena pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Mengakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang bermakna, dan siswa mudah lupa dengan kosakata yang telah dipelajari. Menanggapi hal tersebut, maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan media scramble pada pembelajaran kosakata bahasa Arab terhadap siswa kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan.

Scramble merupakan salahsatu pembelajaran kooperatif karena menekankan kerjasama siswa dalam menjawab pertanyaan pada lembar soal, dengan cara menyusun huruf-huruf yang acak pada lembar jawaban. Sehingga membentuk kata yang benar dan bermakna. Dalam hal ini siswa diminta untuk menerka dengan cepat jawaban soal yang sudah tersedia namun masih dalam kondisi acak.

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media scramble dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan; (2) Bagaimana tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan setelah menerapkanmedia scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan media scramble dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan; (2) Mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Tarbiyatul Wathon Glagah Lamongan setelah menerapkan media scramble.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan mediascramble dalam pembelajaran kosakata bahasa Arabtelah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil post-test yang dilakukan setiap akhir siklus. Pada siklus 1, hasil post-test siswa meningkat dengan presentase keberhasilan cukup. Pada siklus 2 meningkat dengan presentase keberhasilan sangat baik.