SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode “Kullu Insan Huna Mudarrisun” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Kalam) Siswa Kelas VII B Di MTs Hamid Rusydi Buring Malang.

Latifah Latifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Latifah. 2017. Penerapan Metode “Kullu Insan Huna Mudarrisun” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Kalam) Siswa Kelas VII B Di MTs Hamid Rusydi Buring Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs Muhaiban, Pembimbing (II) Achmad Tohe, M.A., P.Hd.

Kata kunci : pembelajaran bahasa Arab, metode Kullu Insan Huna Mudarrisun, ketrampilan berbicara.

                                              Penelitian ini bertujuan unruk mendiskripsikan kemampuan berbicara siswa sebelum diterapkan metode Kullu Insan Huna Mudarrisun, mendiskripsikan penerapan metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara, dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah diterapkan metode Kullu Insan Huna Mudarrisun.

                                              Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan rancangan penelitian: studi pendahuluan, refleksi siklus I, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, siklus II, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, hasil akhir.Pengumpulan data menggunakan teknik catatan pengamatan, wawancara, dokumentasi, observasi, pemberian tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, terdapat 4 tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu : (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi.

                                              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pre-test siswa sebelum diterapkan metode Kullu Insan Huna Mudarrisun dibawah standart kemampuan minimal (SKM) yaitu 11 dari 16 siswa, dan hasil rata-rata kelas yaitu 68,5 Kemudian pada hasil post-test siklus I dari 16 siswa yang mencapai nilai SKM adalah sebanyak 12 siswa dan siswa yang belum mencapai SKM sejumlah 4 siswa dengan nilai rata-rata kelas 74,87. Pada siklus IIpost-test II dari 16 siswa seluruhnya mencapai nilai SKM, dengan nilai rata-rata 80,68. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas B setelah diterapkan metode Kullu Insan Huna Mudarrisun.

                                              Saran untuk penelitian ini bagi sekolah yaitu hendaknya metode Kullu Insan Huna Mudarrisun yang sudah diterapkan oleh peneliti tidak hanya diterapkan di kelas VII B akan tetapi diterapkan diseluruh kelas di MTs Hamid Rusydi khususnya pelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara. Dan untuk jurusan sastra Arab yaitu metode Kullu Insan Huna Mudarrisun bisa diterapkan untuk mahasiswa sastra Arab sesuai dengan langkah-langkah dan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan. Kemudian saran untuk peneliti selanjutnya yaitu mengembangkan metode Kullu Insan Huna Mudarrisun untuk pelajaran yang ada kaitannya dengan keterampilan berbicara.