SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar “Ukhibbul ‘arabiyyah” Berbasis Kolaborasi Kurikulum RA/BA/TA Kabupaten Lamongan untuk Pembelajaran Bahasa Arab taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan.

shofiyah nurmasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Taman kanak-kanak (TK) Islamiah Wangun adalah suatu lembaga pendidikan formal  dibawah naungan yayasan pondok pesantren, kondisi tersebut tentunya mewajibkan adanya pembelajaran bahasa Arab sejak usia dini. Namun hal itu masih belum sesuai dengan identitasnya sebagai salah satu lembaga yang berdiri dibawah naungan pondok pesantren. Kemampuan dalam mempelajari bahasa Arab dianggap masih dibawah standart. Hal tersebut dapat diketahui oleh peneliti pada saat melakukan observasi dan wawancara pada salah satu guru taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan seputar  kegiatan pembelajaran bahasa Arab, metode yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran, dan buku ajar bahasa arab yang di pakai pada TK tersebut. Metode pembelajaran yang digunakan hanya sebatas menghafal, buku ajar yang digunakan, hanya memuat kosa kata-kosa kata tanpa ada fariasi permainan, dan evaluasi yang digunakan hanya beberapa saja. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan bahan ajar أحب العربية  untuk pembelajaran bahasa Arab taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan. Bahan ajar أحب العربية adalah buku pelajaran bahasa Arab untuk taman kanak-kanak yang dilengkapi dengan gambar, permainan, lagu, kata-kata mutiara dan kosa kata yang didasarkan pada kolaborasi kurikulum RA/BA/TA kabupaten Lamongan.

            Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar أحب العربية untuk pembelajaran bahasa Arab taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan dan memberikan inovasi baru bagi siswa agar siswa semangat dalam belajar bahasa Arab. Model pengembangan yang dilakukan adalah mengikuti model Research & Development (R&D). Adapun langkah-langkah pengembangan ini adalah (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) merefisi hasil uji coba, (6) Uji coba lapangan, (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) Uji pelaksanaan lapangan, (9) Penyempurnaan produk ahir, (10) Diseminasi dan implementasi. Hasil pengembangan ini berupa bahan ajar  bahasa Arab untuk taman kanak-kanak yang meliputi spesifikasi materi dan spesifikasi produk, materi dalam bahan ajar ini terdiri dari 13 tema dengan sub tema yang berbeda-beda. Dalam buku ini juga memuat tentang latihan menjodohkan kata dengan gambar, menyambung tulisan, mewarna, menebak siapa aku. Materi dalam buku ajar أحب العربية melatih empat kemahiran berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, menulis dan membaca. Sedangkan desain produk dalam buku adalah buku didesain dengan warna, spesifikasi tampilan meliputi tampilan pembuka, tampiilan isi, dan tampilan penutup. Tampilan pembuka diantaranya sampul depan, sampul halaman depan, kata pengantar, daftar isi, sedangkan tampilan isi diantaranya lembar penanda ttiap tema, materi, latihan soal, kumpulan kosa kata bergambar, dan pada tampilan penutup diantaranya adalah daftar rrujukan dan sampul belakang.

            Peelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi,ahli media kemudian diuji cobakan kepada guru taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan sebanyak 10 orang.

            Uji validitas materi memperoleh nilai (90,9%) uji validitas media memperoleh nilai (69,6%) sedangkan pada uji validitas guru memperoleh nilai (100%) berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar menggunakan dan menerapkan bahan ajar  أحب العربية untuk pembelajaran bahasa Arab taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan.