SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR “UKHIBBUL ‘ARABIYAH” BERBASIS KOLABORASI KURIKULUM RA/BA/TA KABUPATEN LAMONGAN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH WANGUN SUGIO LAMONGAN

shofiyah nurmasari

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab di taman kanak-kanak Islamiyah Wangun Sugio Lamongan. dan mmenguji kelayakannya. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah mengikuti model Research & Develoment (R&D) Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan ini adalah 1) analisis kebutuhan 2) perencanaan 3) pengembangan bentuk produk awal 4) validasi ahli materi 5) penyempurnaan produk 6) validasi ahli media 7) penyempurnaan produk 8) validasi ahli praktisi 9) penyempurnaan produk 10) produk ahir. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa buku ajar bahasa Arab taman kanak-kanak yang melalui uji kelayakan kepada para ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli praktisi. Hasil uji ahli materi memperoleh nilai 90,9% dan nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat Valid, Sedangkan ahli media memberikan nilai 69,6% nilai tersebut tergolong dalam kategori Valid perlu direvisi. Dan dari hasil uji ahli praktisi bahan ajar ini memperoleh nilai 100%. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat valid. Dengan mempertimbangkan nilai yang diperoleh dari berbagai ahli maka buku ajar أحب العربية dapat dikatakan sebagai buku ajae yang efektif untuk pembelajaran bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket.