SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Word Wall Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Bustanul Ulum Kota Batu

Kharisma Bunga Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhan, Kharisma Bunga. 2017. Penggunaan Media Word Wall Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Bustanul Ulum Kota Batu. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Prof. Drs. Muhaiban, (2) Laily Maziyah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media, Kosakata, Word Wall, Bahasa Arab.

 

Penelitian ini berdasarkan hasil studi pendahuluan yang menunjukkan minimnya penguasaan kosakata bahasa Arab para siswa,  kurangnya minat dan motivasi mereka dalam pembelajaran bahasa Arab,  adanya anggapan mereka bahwa bahasa arab itu sulit,  serta media guru yang monoton. Sehingga diharapkan melalui penelitian ini permasalahan tersebut dapat diatasi. Melalui media word wall diharapkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa khususnya dalam penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media word wall sebagai upaya meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Bustanul Ulum Kota Batu, (2) efektivitas penggunaan media word wall dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Bustanul Ulum Kota Batu.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah  penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas V MI Bustanul Ulum kota Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan teknik persentase sederhana untuk data hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Bustanul Ulum Kota Batu yang berjumlah 23 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan media word wall dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Bustanul ulum telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) dengan digunakannya media word wall penguasaan kosakata siswa kelas V MI Bustanul Ulum meningkat dari hasil pretest dengan presentase 54,32% dalam kategori rendah, kemudian pada evaluasi postest siklus I dengan presentase 64,13% dalam kategori sedang, dan semakin meningkat pada evaluasi postest II dengan presentase 79,77% dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media word wall dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Bustanul Ulum Kota Batu.