SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Relevansi Isi Buku Teks Bahasa Arab Kelas XI Berbasis Kurikulum 2013

Syaiful Aziz

Abstrak


ABSTRAK

 

Aziz, Syaiful. 2016. Analisis Relevansi Isi Buku Teks Bahasa Arab Kelas XI Berbasis Kurikulum 2013, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Irhamni M.Pd,(II)  Dr. Yusuf Hanafi S.Ag, M.Fil.I

 

Kata Kunci: Buku Teks, Tema dan Materi atau Kegiatan Pelajaran, Kurikulum 2013.

 

Penyusunan materi Kurikulum 2013 menjadi perhatian penting pemerintah dengan dirumuskannya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk memusatkan materi yang dipelajari dan sebagai tujuan tercapainya ketuntasan pembelajaran. Pada pelaksanaan Kurikulum 2013 ini, buku teks yang tersebar di sekolah-sekolah adalah buku teks terbitan resmi dari pemerintah. Salah satu buku teks bahasa Arab adalah buku teks terbitan Departemen Agama yang diajarkan di Madrasah Aliyah (MA). Buku teks bahasa Arab kelas XI termasuk buku yang memuat materi yang menarik untuk dibahas karena buku teks bahasa Arab kelas XI ini belum pernah dikaji sebelumnya. Oleh sebab itu,peneliti berkeinginan untuk menganalisis tema dan materi atau kegiatan yang terkandung di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) relevansiKI dan KD dengan Kurikulum 2013, (2) relevansiindikator dengan Kurikulum 2013. (3) relevansi tema dengan Kurikulum 2013, dan (4) relevansiisi buku teks dengan Kurikulum 2013.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun data yang diteliti adalah tema dan materi atau kegiatan yang termuat oleh buku teks. Sumber datanya adalah satu buku teks bahasa Arab Kelas XI Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 terbitan Departemen Agama. Pengumpulan datanya dengan cara dokumenter. Analisis data dengan cara mengklasifikasikan tema dan materi atau kegiatan yang disajikan dalam tabel, kemudian menafsirkannya dan meringkas hasilnya. Uji keabsahan data dengan cara meninjau ulang hasil penelitian dengan cermat. Adapun instrumen penelitian menggunakan analisis dari peneliti sendiri.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buku Teks tersebut memuat 6 Bab, yakni:(1)Amal Al Murahiqin, (2)As Shihhah Wa Ri’ayatu As Shihhiyyah, (3) An Nadhafah Fi Al Islam, (4) At Tashilat Al ‘Ammah Wa Al Ijtima’iyyah, (5) At Tashilat Li Ibadatillah, (6) Ma’alimu As Shiyahah As Tsaqafiyyah Wa At Thabi’iyyah. Buku tersebut disetiap babnya memiliki4 ketrampilan bahasa, yakni: istima’ kalam, qira’ah, dan kitabah, serta tarkib sebagai sub bab tambahan. Adapun hasil kesesuaian KI adalah 100%. Kesesuaian KD buku teks dengan Kurikulum sebesar 50%. Kesesuaian tema dengan KD sebesar 100%, kesesuaian materi atau kegiatan dengan KD sebesar 50,52%, materi atau kegiatan yang kurangsesuai sebesar 11,34%, dan materi yang tidak sesuai dengan KD 38,14%