SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Langsung Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand

bagus bagus bagus

Abstrak


ABSTRAK

Bagus. 2017. Penerapan Metode Langsung Dengan Media Flashcard Untuk          Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas 6            SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan Skripsi,            Jurusan Sastra Arab,   Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Kholisin, M.Hum. (II) Ali Ma’sum, S.Pd., M.A.

Kata Kunci: penerapan metode langsung, media, Flashcard, penguasaan   kosakata bahasa Arab, Saengtham Wittaya, Propinsi Trang, Thailand      Selatan.

Pembelajaran kosakata bahasa Arab di Sekolah Dasar Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan merupakan salah satu mata pelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut, dari mulai jenjang pendidikan dari mulai TK sampai MA. Kemampuan dan minat peserta didik pada bahasa Arab di sekolah tersebut masihlah kurang, apalagi yang didukung faktor lingkungan dan kehidupan sehari-hari mereka yang menjadikan kemauan dan minat dalam belajar bahasa Arab sangat amat kurang. Pembelajaran bahasa Asing yang terdapat di sekolah tersebut sangatlah kurang dimulai dari kreatif guru dalam penerapan model pembelajaran di sekolah tersebut, sehingga menjadikan peserta didik kurang minat dalam mempelajari bahasa Asing khususnya bahasa Arab, Oleh sebab itu peneliti berkeinginan untuk menerapkan suatu model pembelajaran yaitu penerapan metode langsung dengan media Flashcard. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik kelas 6 SD sebelum penerapan metode langsung dengan media Flashcard, (2) untuk mendeskripsikan penerapan metode langsung dengan media Flashcard, (3) untuk menjelaskan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah penerapan metode langsung dengan media Flashcard.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun data yang diteliti adalah nilai-nilai pre-test, nilai post-test pada siklus pertama, dan nilai post-test pada siklus kedua. Sumber data adalah peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan. Pengumpulan data dengan cara tes lisan dan tes tulis kosakata bahasa Arab. Analisis data dengan cara Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Uji  keabsahan  data  dengan  cara meninjau ulang hasil penelitian dengan cermat yaitu melalui dua tahapan siklus I dan siklus II. Adapun instrumen penelitian menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi.

Sebelum diterapkan metode langsung dengan media Flashcard peneliti melaksanakan pre-test untuk mengetahui kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan, hasil pre-test peserta didik memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu  58,68. Peserta didik yang belum mencapai nilai standard kemampuan minimal sebanyak 14 peserta didik dari 24 peserta didik dan yang telah mencapai SKM sebanyak 10 peserta didik dari 24 peserta didik.

Kemudian penerapan metode langsung dengan media Flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD Saengtham Wittaya di Propinsi Trang Thailand Selatan mempunyai dua siklus dari tiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dan II ada dua pertemuan, setiap pertemuan kedua akan diadakan post-test. Dari nilai post-test akan ditemukan hasil kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik. Setelah penerapan metode langsung dengan media Flashcard akan didapatkan nilai hasil kemampuan peserta didik dalam penguasaan kosakata bahasa Arab.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan jika dibandingkan antara hasil tes pada pra siklus (sebelum penerapan metode langsung dengan media Flashcard) dengan hasil tes pada pembelajaran siklus I dan siklus II yang telah menggunakan penerapan metode langsung dengan media Flashcard. Berdasarkan nilai rata-rata meningkat dari 58,13 (pra siklus), 62,3 (siklus I), dan 75,95 (siklus II). Jadi ada kenaikan nilai rata-rata sebesar 8,33 poin. Dan berdasarkan presentase ketuntasan belajar, meningkat dari 68,7% (pra siklus), 77,27% (siklus I), dan 100% (siklus II). Jadi ada kenaikan 31,3 %. Sehingga dapat terlihat bahwa kemampuan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas 6 SD meningkat setelah diterapkannya metode langsung dengan media Flashcard.