SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

NILAI-NILAI MORAL DALAM CERPEN "YAKFII AN YUHIBBAKA QOLBUN WAHIDUN LI TA'ISY" KARYA DR. HAYFA BITHAR

firdina raudhotul munauwaroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Munauwaroh, Firdina Raudhotul, 2017. Nilai-Nilai Moral dalam Cerpen “Yakfi An Yuhibbaka Qolbun Wahidun Li Ta’isy” Karya Hayfa Bithar. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irhamni, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag.

 

Kata Kunci: Nilai-nilai moral, Cerpen “Yakfi An-Yuhibbaka Qalbun Wahidun Li Ta’isy”, Hayfa Bithar

 

Salah satu tujuan kehadiran karya sastra di tengah-tengah  masyarakat pembaca adalah berupaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia sebagai makhluk berbudaya, berpikir, dan berketuhanan. Di dalamnya terdapat nilai-nilai moral, dimana pengarang mencerminkan pandangan hidupnya mengenai nilai-nilai kebenaran sehingga karya sastra dapat menawarkan pesan-pesan moral yang berkaitan dengan sifat luhur manusia. Seiring perkembangan sastra, terdapat banyak karya sastra, sehingga dilakukan beberapa penelitian yang dilakukan terkait nilai moral untuk mengungkap nilai-nilai yang terkandung di dalam karya-karya sastra tersebu. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian lanjutan untuk mengungkap nilai-nilai moral yang terkandung dalam karya sastra cerpen karya Hayfa Bithar.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) nilai moral ketuhanan dalam cerpen “Yakfii  An Yuhibbuka Qolbun Wahidun Li Ta’ayisy” Karya Dr. Hayfa’ Bithar  dalam Majmu’ah Qishosiyyah  karya Dr. Hayfa’ Bithar, 2) nilai moral sosial  dalam cerpen “Yakfii  An Yuhibbuka Qolbun Wahidun Li Ta’ayisy”  Karya Dr. Hayfa’ Bithar  dalam Majmu’ah Qishosiyyah  karya Dr. Hayfa’ Bithar dan 3) nilai moral individu dalam cerpen “Yakfii  An Yuhibbuka Qolbun Wahidun Li Ta’ayisy”  Karya Dr. Hayfa’ Bithar  dalam Majmu’ah Qishosiyyah  karya Dr. Hayfa’ Bithar.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian  kualitatif. Data yang disajikan adalah kalimat-kalimat dalam teks cerpen“Yakfii  An Yuhibbaka Qolbun Wahidun Li Ta’ayisy” yang mengandung nilai-nilai moral ketuhanan, sosial, dan individu.. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen “Yakfii  An Yuhibbaka Qolbun Wahidun Li Ta’ayisy”  Karya Dr. Hayfa’ Bithar. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan dibantu dengan tabel. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu membaca berulang-ulang, memahami, mengumpulkan kalimat-kalimat yang mengandung nilai moral. Adapun analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai berikut: mengklasifikasikan secara umum, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data secara lebih spesifik, pemberian kode, dan penyajian data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menelaah secara terus menerus. diskusi teman sejawat, pemeriksaan ulang

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai moral ketuhanan dalam cerpen “Yakfi An Yuhibbaka Qolbun Wahidun Li Ta’isy” karya Hayfa Bithar yaitu nilai moral keimanan, dan nilai moral keridhaan, 2) nilai moral sosial dalam cerpen “Yakfi An Yuhibbaka Qolbun Wahidun Li Ta’isy” karya Hayfa Bithar yaitu nilai moral peduli, nilai moral kesetiaan, dan nilai moral kasih sayang, 3) dan nilai moral individu yang terkandung dalam cerpen “Yakfi An Yuhibbaka Qalbun Wahidun Li Ta’isy” karya Hayfa Bithar yaitu nilai moral kesabaran, nilai moral tanggung jawab, nilai moral kerja keras, dan nilai moral percaya diri.

Peneliti mengajukan beberapa saran kepada peneliti selanjutnya yang akan meneliti tentang nilai moral agar melakukan penelitian nilai-nilai moral dalam karya-karya sastra Arab lainnya baik berupa prosa maupun puisi dan mengaitkannya dengan kebudayaan dan adat yang ada di masyarakat dunia secara lebih luas dan mendalam.