SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Penelitian Sastra Mahasiswa Jurursan Sastra Arab Universitas Negeri Malang Mulai Tahun 2006-2015

Azizah Rochmatul Laili

Abstrak


ABSTRAK

 

Laili, Azizah Rochmatul. 2017. Pemetaan Penelitian Sastra Mahasiswa Jurursan Sastra Arab Universitas Negeri Malang Mulai Tahun 2006-2015. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Kholisin, M.Hum, (II) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd

 

Kata Kunci: Pemetaan Sastra, penelitian sastra.

 

Pemetaan penelitian sastra bersandar pada belum adanya penelitian pemetaan mengenai skripsi mahasiswa jurusan sastra Arab prodi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Malang. Tujuam dari penelitian pemetaan ini adalah (1) memberikan data tentang skripsi mahasiswa jurusan satra Arab prodi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Malang yang terfokus pada bidang kajian balaghah, (2) memberikan data tentang skripsi mahasiswa jurusan satra Arab prodi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Malang yang terfokus pada bidang kajian sastra modern.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah skripsi mahasiswa jurusan sastra Arab, program studi pendidikan bahasa Arab, Universitas Negeri Malang mulai dari tahun 2006-2015. Teknik pengumpulan data dengan cara (1) mengelompokkan judul sesuai dengan tema kesastraan, (2) mengelompokkan kembali tema tersebut menjadi dua yaitu balaghah dan sastra modern, (3) mencatat hasil pengelompokan, dan (4) memasukkan data ke dalam tabel. Adapun analisis data dilakukan dengan cara (1) memilah-milah data untuk kemudian dikategorikan berdasarkan tahun penulisan skripsi, (2) mengelompokkan berdasarkan tema, antara yang terfokus pada bidang kajian balaghah dan sastra modern, (3) pengecekan kebenaran data dilakukan dengan cara menelaah secara seksama data yang terkumpul serta melakukan pengecekan kebenaran data dari sumber data.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) dalam sepuluh tahun terakhir terdapat tiga puluh skripsi yang terfokus pada kajian balaghah, yang terbagi menjadi dua belas skripsi yang fokus pada kajian ilmu ma’ani (tiga skripsi mengkaji kalam khabar, tiga skripsi yang mengkaji kalam insya’, dan Qashr, fashl, dan washl masing-masing terdapat dua skripsi), tiga skripsi yang membahas tentang ilmu bayan(dua skripsi mengkaji tasybih dan satu skripsi mengkaji majaz), dan terdapat lima belas skripsi yang terfokus pada kajian ilmu badi’ (sepuluh skripsi yang fokus pada kajian muhassinat lafdhiyah dan muhassinat maknawiyah). Objek kajian yang paling banyak digunakan adalah Al-Qur’an dengan delapan belas skripsi. Rancangan penelitian yang dipakai mahasiswa sastra Arab UM dalam mengkaji balaghah adalah deskriptif kualitatif, serta ada dua skripsi yang wilayah kajiannya tidak hanya pada satu fokus kajian, melainkan mengkaji dua fokus keilmuan balaghah yaitu antara muhassinat lafdhiyah dan muhassinat maknawiyah. (2) skripsi yang terfokus pada kajian sastra modern terdapat 21 skripsi yang kajiannya terfokus pada sastra modern. Objek kajian yang cenderung dipakai oleh mahasiswa sastra Arab Universitas Negeri Malang adalah prosa, dan dari 22 skripsi yang mengkaji sastra modern, tidak ada satu pun yang menjadikan puisi sebagai objek kajian.

Disarankan perlu adanya pemerataan pada objek kajian maupun judul skripsi yang akan ditulis oleh mahasiswa jurusan satra Arab Universitas Negeri Malang pada periode yang akan datang.