SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Adad Hisabi dan Ma'dudnya dalam Al-Quran

Lailaturrahmah Darti Arini

Abstrak


ABSTRAK

 

Arini, Lailaturrahmah Darti. 2017. Adad Hisabi dan Ma’dudnya dalam Al-Quran. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurhidayati, M. Pd., (II) Laily Maziyah, M. Pd.

 

Kata Kunci:Adad Hisabi, Ma’dud, Al-Quran

 

Adad ma’dud merupakan salah satu kajian dalam ilmu gramatika bahasa Arab yang dianggap sulit oleh para mahasiswa pelajar bahasa Arab. Hal tersebut tidak terlepas dari perbedaan karakteristik antara bilangan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Arab. Kaidah adadma’dud dalam bahasa Arab juga dianggap lebih sulit untuk dipraktikan dalam kegiatan berbahasa sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) ragam bentukadadhisabi dan ma’dudnya dalam Al-Quran, (2) ragam pola adadhisabi dan ma’dudnya dalam Al-Quran dan (3) ragam mauqi’ dan i’rabadadhisabi serta ma’dudnya dalam Al-Quran.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah teks berbahasa arab yang memuat redaksi adadhisabi dan ma’dudnya. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah Al-Quran. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peniliti sendiri (humaninstrument).

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: (1) membaca secara keseluruhan sumber data, (2) menentukan data, (3) mengklasifikasi data, dan (4) memasukan variabel data kedalam tabel-tabel yang sudah ada. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: (1) proses reduksi data, (2) proses inferensi data dan (3) proses interpretasi data. Keabsahan data hasil temuan penelitian diperoleh melalui: (1) observasi secara ajeg, (2) mendiskusikan data dan proses analisis data dengan dosen pembimbing, (3) memeriksa kembali catatan lapangan secara cermat, dan (4) memanfaatkan sumber diluar data yang dianalisis (triangulation).

Berdasarkan hasil analisis terhadap sumber data diperoleh empat bentuk adad hisabi dalam Al-Quran, yaitu: adad mufrad, adad murakab, adad ma’tuf dan adad ‘uqud. Poal adad hisabi dan ma’dudnya dalam Al-Quran ditemukan sebanyak tiga pola, yaitu pola adad na’ti, pola adad idhafi dan pola adad tamyizi. Mauqi’ul adad dalam Al-Quran terdiri dari tiga i’rab, yaitu: (1) marfu’ meliputi;na’at, mubtada’ muakhar, khabar, fa’il, isim kaana dankhabar Inna. (2) mansub meliputi; na’at, dzaraf, maf’ul bih, khabar kaana, athaf dan badal. (3) majrur meliputi; na’at, mudhaf ilaih, majrur bi harfi jar, athafdan badal.dan ditemukan satu mauqi’ul adad dibaca mabni fathahsebagai maf’ul bih.Mauqiul ma’dud dalam Al-Quran terdiri dari tiga i’rab, yaitu (1) marfu’ meliputi; khabar, khabar inna dan mubtada’ muakhar. (2) mansub meliputi; maf’ul bih, khabar kaana, isim inna dan tamyiz. (3) majrurmeliputi; mudhaf ilaih dan majrur bi harfi jar.

Penelitian ini hanya sebatas menganalisis perwujudan adadhisabi beserta ma’dudnya dalam Al-Quran. Diharapkan ada peneliti lain yang tertarik untuk menganalisis adadtartibi dalam Al-Quran yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kajian penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan ilmu kebahasaan praktis mengenai adadhisabi beserta ma’dudnya, sehingga nantinya para pembaca tertarik untuk mempelajari dan mempraktikan kaidah-kaidah adadhisabi beserta ma’dudnya dalam kegiatan berbahasa Arab sehari-hari.