SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Kabupaten Situbondo

Nur Kholilah

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Kholilah, Nur. 2017. Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Kabupaten Situbondo. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd. (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag.

 

Kata kunci: pembelajaran bahasa Arab, SMA, Kabupaten Situbondo.

 

Banyaknya pondok pesantren yang berdiri di Kabupaten Situbondo membuat Kota Situbondo mendapat sebutan Kota Santri dan Bumi Shalawat Nariyah. Kehidupan masyarakat Situbondo membiasakan mengarahkan anak-anak usia 4-5 tahun untuk belajar ngaji di masjid maupun langgar-langgar terdekat. Bahasa Arab diajarkan di SMA di bawah pesantren termasuk di SMA Negeri. Sampai sekarang tidak ada data tentang SMA di Kabupaten Situbondo yang mengajarkan bahasa Arab karena itu penelitian ini dilaksanakan.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peta pelaksaan pembelajaran bahasa Arab di Kabupaten Situbondo yang meliputi (1) kebijakan kepala sekolah dan dukungan, (2) kualifikasi guru, (3) kurikulum pembelajaran, (4) strategi pembelajaran, (5) media pembelajaran, (6) bahan ajar, dan (7) evaluasi pembelajaran.

Penelitain ini merupakan penelitian survay dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua SMA di Kabupaten Situbondo dan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Data penelitian ini berupa jawaban guru (responden) terhadap isi angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase.

Dari 10 SMA terdapat lima sekolah yang tidak mengajarkan bahasa Arab. Berdasarkan paparan data, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat tiga SMA yang memilih bahasa Arab sebagai pelajaran wajib atau mulok dan dua SMA menggunakan bahasa Arab sebagai peminatan, (2) sebagian besar para guru belum memiliki kualifikasi sebagai guru bahasa Arab professional karena bukan lulusan S1 pendidikan bahasa Arab dan belum memiliki pengalaman mengajar bahasa Arab lima tahun dan hanya ada beberapa guru yang pernah mengikuti penataran, lokakarya, ataupun seminar yang berkaitan dengan bahasa Arab. Untuk mengatasi hal tersebut, semua guru bahasa Arab pernah menempuh pendidikan di pesantren lebih dari lima tahun, (3) kurikulum pembelajaran yang digunakan oleh sebagian besar guru di SMA Kabupaten Situbondo adalah kurikulum 2013 dari kemendikbud dan dikembangkan menjadi Silabus dan RPP, (4) strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab beraneka ragam, rata-rata semua guru menggunakan strategi praktik lapangan sehingga peserta didik dituntut untuk bisa sendiri (5) media pembelajaran yang digunakan oleh para guru yakni, media gambar, benda tiruan, bagan, media elektonik ataupun laboratorium, (6) bahan ajar atau buku teks yang digunakan oleh guru berbagai macam dan bervariasi, dan (7) evaluasi pembelajan yang sering digunakan oleh guru yakni pada setiap akhir unit pembelajaran sedangkan jenis tes yang sering digunakan adalah pilihan ganda, esai (uraian), mengisi dan salah benar.