SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelsa V MIN Kedungguwo

VITA LELY ARDIYANTI

Abstrak


ABSTRAK 

 

Berdasarkan hasil penelitian dan data observasi awal atau kajian awal telah diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran terutama pembelajaran kosa kata (mufrodat) yang diamati oleh observer (peneliti) pada waktu itu adalah guru mengajarkan materi yang ada di buku ajar siswa. Kemudian guru, menjelaskan materi yang ada di buku ajar siswa. Setelah itu guru menanyakan kepada siswa apakah ada kosakata yang tidak diketahui, kemudian guru mengartikan. Setelah itu siswa diminta guru untuk mengerjakan soal latihan yang ada pada buku. Di akhir pelajaran, siswa diminta untuk menghafalkan kosa kata yang telah dipelajari. Selanjutnya siswa yang disebut namanya oleh guru, diminta maju dan menyetorkan kosa kata yang telah dihafalkan. Kegiatan belajar yang dapat disimpulkan oleh peneliti pada saat observasi awal yaitu hafalan kosa kata, setoran hafalan kepada guru, dan mengerjakan soal yang ada pada buku. Sementara itu, berdasarkan angket dari beberapa siswa, mereka bosan dan jenuh dengan metode yang diterapkan oleh guru bahasa Arab. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Word Square.

Model Pembelajaran Word Square merupakan model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Mirip seperti mengisi teka-teki silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf/angka penyamar atau pengecoh.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Word Square dalampembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas V MIN Kedungguwo Magetan, dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman kosa kata bahasa Arab kelas V MIN Kedungguwo Magetan melalui penerapan model pembelajaran word Square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang dipakai adalah nilai rata-rata masing-masing siklus. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 70,4  dan pada siklus II mencapai 80,2.

Beradsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Word Square dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas V MIN Kedungguwo Magetan telah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (2) pemahaman kosa kata bahasa Arab yang dinyatakan dengan hasil belajar siswa kelas V MIN Kedungguwo Magetan melalui penerapanpembelajaran Word Square meningkat dari 70,4 (siklus I) menjadi 80,2 (siklus II).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MIN Kedungguwo kecamatan Sukomoro kabupaten Magetan. Model pembelajaran ini bisa diterapkan oleh guru bahasa Arab sebagai variasi pelaksanaan pembelajaran, namun perlu diperhatikan tentang pemilihan kata yang mudah dan dimengerti oleh siswa.