SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hambatan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dalam Pembelajaran Kemahiran Menulis Bahasa Arab

FIRZA ANISA MAULINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika kemahiran menulis pada mahasiswa jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang. Hal tersebut disebabkan rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap pola kalimat penulisan bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia . Sesungguhnya, kemahiran menulis merupakan kemampuan dalam mendeskripsikan isi pikiran, mulai dari aspek yang paling sederhana, seperti menulis kata-kata, sampai kepada aspek yang kompleks, yaitu mengarang. Kemahiran menulis ini menjadi salah satu cara untuk pengungkapan pemikiran, perasaan, harapan dan cita-cita.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan kemahiran menulis mahasiswa jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang dari segi: (a) faktor hambatan, serta (b) cara mengatasi hambatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer adalah data-data tentang faktor penghambat dan cara mengatasi penyebab penghambat mahasiswa jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang dalam kemahiran menulis bahasa Arab. Data sekunder adalah dokumen sejarah singkat tentang pembelajarankemahiran menulis, dan data tertulis lainnya.  Data penelitian diambil dengan menggunakan instrument berupa kuesioner,pedoman wawancara dan telaah dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian kuesioner, wawancaradan pencacatan dokumen.Teknik analisis data ditempuh dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner mahasiswa,wawancara dosen pengampu mata kuliah,mendiskusikan data dan hasil analisis dengan pihak tertentu yang dipandang ahli,dan pemeriksaan data.Hasilmenunjukkan bahwa: (a)faktor hambatan kemahiran menulis yang dialami mahasiswa, adalah

(1) masih rendahnya pemahaman susunan kalimat atau pola kalimat pada kemahiran menulis, (2) masih kurangnya penguasaan kaidah-kaidah nahwu, sharaf,tarkib yang dituangkan pada kemahiran menulis, (3) masih kurangnya penguasaan kosakata yang digunakan mahasiswa dalam menulis, (b)cara mengatasi faktor hambatan dengan cara, yaitu (1)dosen mengarahkan mahasiswa untuk menggunakan kamus kontekstual, agar terbiasa mencari kosakata dan artinya serta penggunaannya, (2)dosen memberikan contoh dan latihan-latihan soal berupa pola-pola kalimat pada kegiatan pembelajaran kemahiran menulis, (3)dosen memberikan motivasi dan tugas

Tugas latihan menulis dirumah, agar mahasiswa terpacu dan tertarik pada pembelajaran kemahiran menulis.Dataii diperoleh dari penelitian kuesioner mahasiswa, sejumlah 45 mahasiswa serta wawancara dengan 2 dosen pengampu mata kuliah kemahiran menulis.Saran dari hasil penelitian ini, untukketua jurusan sastra Arab hendaknya melakukan kontrol dan mengadakan evaluasi bersama dengan dosen-dosen dalam pembelajaran kemahiran menulis (kitabah) dalam hal pengembangan pembelajaran, penambahan fasilitas yang mendukung kemahiran menulis(kitabah).Sedangkan untuk dosen pengampu mata kuliah kemahiran menulishendaknya memberikan motivasi dan memberikan hal-hal menarik yang memudahkan mahasiswa dalam memahami pembelajaran kemahiran menulis (kitabah).Sedangkan untuk mahasiswa jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang sebaiknya lebih meningkatkan motivasi diri dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari bahasa Arab pada kemahiran menulis, karena dengan menulis dapat menuangkan ide-ide fikiran ke dalam tulisan. Tulisan yang bermanfaat dapat di baca oleh orang-orang sekitar.