SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TARKIB BADAL DALAM Q.S AL-BAQARAH

Muhklisin .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Mukhlisin. 2017. Analisis Tarkib Badal dalam Q.S. Al-Baqarah. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Moh. Khasairi, M.Pd. (II) Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag,M.Fil.I.

 

Kata Kunci: Tarkib Badal, Al-Quran, Surah Al-Baqarah.

 

Keindahan bahasa Al-Qur’an menarik para peneliti untuk mengkaji tata bahasa Al-Quran. Beberapa peneliti yang menjadikan Al-Quran sebagai objek kajiannya belum ada yang meneliti badal pada Q.S. Al-Baqarah. Dipilihnya Surah Al-Baqarah sebagai objek kajian dalam penelitianini karena sejak pada ayat kedua sudah adasusunan badal. Badaladalah suatu lafadz yang mengikuti hukum lafadz lain, diantara lafadz yang mengikuti dan yang diikuti tidak ada media perantaranya.Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan macam-macam jenis badal dalam Q.S. Al-Baqarah, (2) mendeskripsikan frekuensi masing-masing jenis badal dalam Q.S. Al-Baqarah, (3) mendeskripsikan macam-macam bentukbadaldan mubdal minhu dalam Q.S. Al-Baqarah.

Penelitian ini adalah penelitian library reseach(penelitian pustaka) dengan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tarkib badal di dalam surah Al-Baqarah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dan sumber data penelitian ini adalah ayat-ayat yang ada didalam Q.S. Al-Baqarah.

Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah membaca Q.S. Al-Baqarah dan menentukan data, mengklasifikasi data. Menuliskan Ragam badal, memaparkan hasil penelitian, membahas hasil penelitian. Menyimpulkan hasil penelitian yang telah dikonsultasikan kepada ahli dan pakar sehingga diperoleh data yang benar.

Hasil penelitian yaitu ada  3 jenis badal dari macam- macam jenis badal yang ada yaitu (1) badal muthabiq, (2) badal ba’ad min kul, (3) badal isytimal dan tidak ada badal mubayin. Dari tiga badal yang ditemukan badal yang paling banyak adalah badal muthabiq dengan jumlah 20 badal, kemudian badal isytimal dengan 7 badal dan yang paling sedikit adalah badal ba’ad min kul yaitu 4 badal. Bentukbadaldan mubdal minhudalam Q.S. Al-Baqarah dipilah menjadi 7 macam, yaitu: ma’rifah+ ma’rifah, nakirah + nakirah, nakirah + ma’rifah, dhahir+ dhamir, dhamir + dhahir, mufrad + jumlah, jumlah + jumlah. Dari macam-macam bentuk badal yang telah ditemukan bentuk ma’rifah + ma’rifah adalah yang paling banyak dengan jumlah 16 ayat, kemudian bentuk dhahir + dhamir dengan jumlah 6 ayat, 3 ayat pada bentuk nakirah + nakirah, nakirah + ma’rifah, dan 1 ayat pada masing masing bentuk jumlah + jumlah, mufrad + jumlah, ma’rifah + nakirah, dhamir + dhahir.

Peneliti menyarankan kepada para peneliti selanjutnya membahas secara mendalam makna bentuk ayat yang didalamnya ada badal dalam surah selain Al-Baqarah untuk memeperkaya ilmu pengetahuan bagi pembelajar bahasa Arab khususnya yang mendalami bidang Nahwu.