SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan, game behind the box, Pembelajaran bahasa Arab

Fitria Ayu Istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah, Fitria Ayu. 2017. Pengembangan Game “ behind the box” Berbasis Construc 2 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Mts. Negeri 1 Pare. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (I) Prof.Dr.Imam Asrori, M.Pd, (II) Mohammad Ahsanuddin, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci : Pengembangan, game behind the box,  Pembelajaran bahasa Arab

 

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Asing yang telah banyak dipelajari oleh seluruh kalangan, khususnya dalam dunia pendidikan. Bahasa Arab sebagai bahasa Asing masih dianggap sebagai bahasa yang sukar untuk dipelajari bagi siswa. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik, siswa akan mudah memahami pelajaran dalam proses belajar mengajar bahasa Arab baik dalam kelas maupun diluar kelas.

                             Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berupa game edukasi dan memaparkan cara penggunaan dari media yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu juga bertujuan untuk medeskripsikan kelayakan produk tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan dari Gall dan Borg yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (Sukmadinata, 2012:169) dengan penyesuaian kebutuhan dan tujuan peneliti. Prosedur tersebut antara lain : (1) analisi kebutuhan,(2) desain produk (3) pengembangan produk, (4) Uji Ahli, (5) Revisi 1, (6) uji lapangan, (7) revisi 2, (8) produk akhir. Adapun subjeknya adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Pare.

Data yang diperoleh berupa data  kuantitatif     dan  kualitatif.  Data  kuantitatif  diperoleh  dari  angket  skor penilaian oleh para ahli, guru bidang studi, dan siswa. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari para ahli dan guru bidang studi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket skor penilaian. Adapun teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis  deskriptif  kualitatif  dan analisis statistik deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah game “ behind the box” . Berikut hasil penilaiannya: ahli materi memberi penilaian sebanyak 95% ahli media memberi penilaian sebanyak 82,5% guru bidang studi memberi penilaian sebanyak 92% dan hasil  uji lapangan dari subjek uji coba yakni siswa bahwa media game edukasi termasuk kriteria sangat valid dengan persentase kelayakan 96%.