SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Nahwu Digital Berbasis Android Untuk Pembelajar Bahasa Arab

Salim .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Salim. 2017. Pengembangan Buku Nahwu Digital Berbasis Android Untuk Pembelajar Bahasa Arab, Skripsi, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Khasairi, M.Pd., (2) Moh. Ahsanuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran,  Nahwu, Android

 

Nahwu adalah salah satu mata kuliah yang ada di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang.Peranan Nahwu dalam pembelajaran bahasa Arab sangat penting karena merupakan salah satu cabang utama untuk bisa berbahasa Arab dengan baik dan benar. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang sedang banyak diminati oleh masyarakat termasuk mahasiswa akhir-akhir ini adalah smartphone berbasis Android, penulis menggabungkan kemajuan teknologi saat ini dengan pentingnya belajar Nahwu bagi pembelajar bahasa Arab dengan mengembangkan bukuNahwudigital berbasis Android.

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkanbukuNahwudigital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab, (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaanbukuNahwudigital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab, (3) mendeskripsikan karaktersitik bukuNahwudigital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan R&D (Research & Development). Objek penelitian ini berupa pengembangan buku Nahwu digital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan angket(questionnaire). Teknik analisis data dilakukan denganmenggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini berupa bukuNahwudigital berbasis Android, dengan tahapan rancangan sebagai berikut: (1) pengembangan buku digitaldilakukan dengan tahap: (a) pengumpulan data awal, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk, (d) uji produk, (e) revisi produk, (2). Buku digital dinyatakan layak oleh: (a) ahli materi dengan persentase total sebesar 70%, (b) ahli media dengan persentase total sebesar 77,5%, (c) penilaian dosen Nahwu Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang sebesar 92,5%, (d) hasil uji coba lapangan kepada mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang sebesar 82,18%. Dari hasil uji diatas maka dapat disimpulkan bahwa bukuNahwu digital berbasis Android yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pendukung dalam mempelajari Nahwupembelajar bahasa Arab. Karakteristik media yang dikembangkan membutuhkan smartphone berbasis Android karena file yang dihasilkan berekstensi .apk dan hanya bisa diinstal dengan smartphone berbasis Android dengan sistem operasi minimal versi 2.1 (Éclair). Sedangkan untuk RAM yang dibutuhkan untuk mengoperasikan media minimal 512 MB. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambah fungsi latihan soal-soal pada media agar setelah pembelajar memahami materi pada media dapat langsung berlatih dengan soal-soal yang terdapat dalam media.