SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Web Berbasis Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang

Agung Setyo Prabowo

Abstrak


Perkembangan teknologi yang pesat saat ini memudahkan kegiatan pembelajaran bagi guru maupun siswa. Kegiatan pembelajaran pun dapat dilaksanakan kapan saja dan dimana saja dengan memanfaatkan web sebagai sarana pembelajaran dan koneksi internet. Sebagai penunjang kegiatan pembelajaran bahasa Arab, maka dikembangkan sebuah web sebagai media alternatif pembelajaran kosakata. Dengan memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik tentunya akan menumbuhkan minat siswa dalam belajar, dan menjadikan siswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri.

Tujuan penelitian adalah: (1) mengetahui cara pengembangan web berbasis multimedia sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab, (2) mengetahui cara penggunaan web berbasis multimedia sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab, (3) mengetahui kelayakan web berbasis multimedia sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab.

Rancangan penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan media dan persiapan materi, (3) pengembangan format media awal, (4) uji coba kepada ahli media dan ahli materi, (5) revisi awal terhadap media, (6) uji coba lapangan, (7) revisi akhir terhadap media, (8) hasil akhir produk.

Hasil akhir dari produk yang dikembangkan berupa web berbasis multimedia sebagai pembelajaran kosakata bahasa Arab yang dapat diakses melaluipenggunaan browser dengan memanfaatkan koneksi internet.Berdasarkan uji media yang telah dilakukan, media web ini memiliki kelayakan 83,8% dengan rincian 80,0% darihasil uji ahli media,83,3% dari hasil uji ahli materi, 87.5%dari hasil uji ahli praktisi, 84.3% dari hasil uji lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian, media ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran kosakata bahasa Arab yang menarik, dan dapat diakses kapan saja sebagai sarana pembelajaran sekolah maupun pembelajaran mandiri oleh siswa. Selain itu media ini juga dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian pengembangan ke depan.