SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE (TEKA TEKI SILANG) UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARABSISWA KELAS V MI AL HIKMAH PONCOKUSUMO

Intan Nisful Laila

Abstrak


ABSTRAK

Laila,  Intan Nisful. 2017. Pengembangan Media Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Al Hikmah Poncokusumo. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurhidayati., M.Pd (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih., M.Ag.

Kata Kunci: pengembangan, crossword puzzle, kosakata bahasa arab.

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang patut mendapatkan perhatian yang intensif dari guru. Untuk menjadikan siswa dapat memahami kosakata yang telah dipelajarinya, perlu upaya yang terencana. Salah satu upaya untuk mencapainya adalah dengan mengembangkan media croosword puzzle untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab di MI Al Hikmah. Crossword puzzle merupakan suatu permainan dengan bahan dasar yang berbentuk segi empat yang terdiri dari kotak-kotak yang berwarna hitam putih atau warna lainnya, serta dilengkapi dua lajur, yaitu mendatar dan menurun.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media crossword puzzle untuk pembelajaran kosakata bahasa arab kelas V MI, dan mendeskripsikan validitas produk pengembangan media crossword puzzle (teka-teki silang).

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Adapun langkah-langkah penelitian media yang digunakan adalah: (1) mengidentifikasi masalah dan analisis kebutuhan, (2) menyusun rencana penelitian, (3) mengembangkan produk, (4) menvalidasi, (5) merevisi, (6) uji coba lapangan (7) menyempurnakan produk akhir

Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa produk media crossword puzzle (teka-teki silang) untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Al Hikmah Poncokusumo. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang berupa saran validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Serta data kuantitatif yang berupa data hasil uji ahli media, ahli materi, guru dan data uji coba kelompok oleh siswa.

Hasil uji validitas media crossword puzzle oleh ahli media sebesar 81,25%. Dan hasil uji kevalidan oleh ahli materi sebesar 87,5%. Uji lapangan dilaksanakan di MI Al Hikmah Poncokusumo kepada siswa kelas V. Hasil uji lapangan sebesar 91,25% dan hasil guru mata pelajaran bahasa Arab sebesar 90,9%. Jadi media crossword puzzle dinyatakan valid sebagai media pembelajaran kosakata bagi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikemukakan saran bahwasannya diharapkan guru MI dapat menggunakan dan memanfaatkan media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Selain itu,  bagi peneliti atau pengembang lain yang akan melanjutkan mengembangkan media dan materi dengan menambahkan jumlah kosakata bahasa arab pada tiap babnya. Akan lebih baik jika tampilan media tersebut dibuat lebih menarik lagi dan bervariasi.