SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Malang

Tria Agus Setianingsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Setianingsih, Tria Agus. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho,M.Pd (II) Achmad Tohe, M.A, Ph.D.

 

Kata Kunci: Pelaksanaanpembelajaran, pembelajaran bahasa Arab, Madrasah Tsanawiyah

 

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang (MTsN 2 Kota Malang) adalah salah satu lembaga pendidikan yang bercirikan Islam dimana pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam hal lomba pidato siswa MTsN 2 Kota Malang meraih juara satu, sehingga mewakili lomba pidato dalam perlombaan AKSIOMA (ajang kompetisi seni dan olah raga Madrasah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Malang. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai instrumen inti. Sedangkan instrumen pendukung yang digunakan antara lain; pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini adalah proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tersebut adalah perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Kota Malang meliputi kurikulum, silabus, program tahunan, program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sedangkan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi penugasan, testertulis dan Ujian Tengah Semester (UTS). Nilai hasil evaluasi pembelajaran tersebut digunakan sebagai patokan keberhasilan guru dalam menyampaikan materi dan keberhasilan siswa dalam menerima materi pelajaran bahasa Arab.

Guru bahasa Arab berkompeten dalam mengajarkan bahasa Arab, hal ini didukung dengan guru lulusan Jurusan Tarbiyah Bahasa Arab dan telah lulus uji sertifikasi. Sedangkan siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Malang memiliki latarbelakang pendidikan dari sekolah umum atau sekolah dasar (SD). Akan tetapi, mereka dapat mengikuti kegiatan belajar dan mengajar dengan baik. Dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung buku ajar siswa adalah buku pegangan siswa dan buku kerja siswa. Kedua buku tersebut digunakan secara bersamaan. Hal tersebut dikarenakan kedua buku tersebut berisikan materi yang saling melengkapi.

Metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode sam’iyyahsyafawiyyah dan metode diskusi kelompok. Dalam mengajarkan keterampilan menulis dan membaca, guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan metode diskusi kelompok. Selain itu, guru menggunakan media gambar aninasi, LCD dan laptop dalam menyampaikan materi. Dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung lingkungan belajar siswa berjalan dengan baik, yaitu siswa dapat terkondisikan dengan baik. Selain itu, siswa juga terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar.