SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Bahasa Arab di Pratheep Vitthaya School Narathiwat Thailand Selatan

Milladyna . Nurfaiqoh

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurfaiqoh, Milladyna. 2017. Pembelajaran Bahasa Arab di Pratheep Vitthaya School Narathiwat Thailand Selatan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Muhaiban, (II) Ali Ma’sum S.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: Bahas Arab, Pembelajaran Bahasa Arab, Pratheep Vitthaya School   Narathiwat, Thailand Selatan.

Pembelajaran bahasa Arab (PBA) di Thailand Selatan sangat beragam dan berbeda dengan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, baik dalam segi tujuan, kurikulum, media, maupun dalam segi pelaksanaan pembelajarannya. Salah satu lembaga pendidikan yang terdapat pembelajaran bahasa Arab di Thailand Selatan adalah Pratheep Vitthaya School Narathiwat Thailand Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab di Pratheep Vitthaya School dari segi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) sistem evaluasi, serta (4) faktor pendukung dan penghambat.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pratheep Vitthaya School yang terletak di desa Lubuk Lesong-Kubang Badak, No. 7 kecamatan Marebol Tejatuh (Barat), kabupaten Ranget, provinsi Narathiwat Thailand Selatan. Data primer adalah data-data tentang perencanaan, pelaksanaan, sistem evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat PBA di Pratheep Vitthaya School. Data sekunder adalah dokumen tentang profil madrasah, jadwal mengajar, materi pelajaran yang diambil dari buku teks, dan soal-soal UAS. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen bantu berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan catatan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data ditempuh dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data dilakukan dengan observasi secara terus menerus, diskusi dengan dosen pembimbing, dan pemeriksaan data.

Hasil penelitian ini adalah. (1) Perencanaan kurikulum yang ada kurang jelas dan guru tidak menyusun silabus, prota, promes, maupun RPP; (2) Pelaksanaan PBA di Madrasah ini belum terlaksana secara optimal disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhinya; (3) Evaluasi PBA di Madrasah ini dilaksanakan dengan berbagai macam program, yaitu evaluasi harian, UTS, dan UAS; (4) Faktor pendukung PBA di Madrasah ini adalah: (a) 5 guru bahasa Arab lulusan dari negara Arab, (b) siswa yang tinggal di asrama mendapat tambahan ilmu agama dan bahasa Arab, dan (c) adanya kursus bahasa Arab setiap 1 tahun sekali untuk tingkat mutawasith dan tsanawi. Faktor penghambat PBA di Madrasah ini adalah: (a) minat belajar siswa yang kurang, (b) kemampuan siswa yang tidak merata disebabkan latar belakang pendidikan mereka sebelumnya, (c) para guru bahasa Arab tidak pernah membuat rencana pembelajaran,  (d) sebagian besar guru bahasa Arab di madrasah Pratheep Vitthaya bukan lulusan pendidikan bahasa Arab sehingga kurang memahami tentang perencanaan pembelajaran dan unsur-unsur penting dalam mengajar, dan (5) kurang adanya fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Arab.

 

Berdasarakan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab di Pratheep Vitthaya School belum optimal, oleh karena itu perlu adanya pengembangan kurikulum PBA, perbaikan seperangkat rencana PBA, perbaikan pelaksanaan PBA,  serta perbaikan sistem evaluasi PBA di Pratheep Vitthaya School demi tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab dan terwujud pembelajaran bahasa Arab yang optimal.