SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IJAZ HADZF DALAM AL-QUR'AN JUZ 29

Hardiyanti Ayu Pratamawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratamawati, Hardyanti Ayu. 2017. Îjâz Hadzf dalam Al-Qur’an Juz 29. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irhamni, M.Pd. (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih, M. Ag.

 

Kata kunci: îjâz hadzf, Al-Qur’an, juz 29

Al-Quran diturunkan dengan bahasa Arab dan memiliki banyak keistimewaan. Semua keistimewaan yang ada dalam Al-Quran itu diantaranya berupa segi keindahan makna maupun keindahan penyusunan kalimat. Salah satu keistimewaan tersebut yaitu îjâz. Îjâz adalah mengumpulkan makna yang banyak dalam kata-kata yang sedikit dengan jelas dan fasih. Îjâz terdiri dari dua macam, yaitu îjâz qashr dan îjâz hadzf. Peneliti memilih Al-Qur’an juz 29 karena banyak ditemukan unsur îjâz hadzf didalamnya. Selain itu, salah satu isi pokok surat-surat dalam Al-Qur’an juz 29 menceritakan tentang peringatan Allah kepada hamba-Nya.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) ayat-ayat yang mengandung îjâz hadzf dalam Al-Qur’an juz 29, (2) macam-macam îjâz hadzf dalam Al-qur’an juz 29, (3) makna îjâz hadzf dalam Al-qur’an juz 29. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah Al-Qur’an juz 29. Adapun data-datanya berupa ayat-ayat yang mengandung  îjâz hadzf. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayat-ayat yang mengandung îjâz hadzf dalam Al-Qur’an juz 29 terdiri dari 46 ayat, terdapat sembilan îjâz hadzf yaitu îjâz hadzf harf, îjâz hadzf isim mudhâf, îjâz hadzf isim sifat, îjâz hadzf musnad, îjâz hadzf musnad ilaih, îjâz hadzf jawab syarath, îjâz hadzf jumlah îjâz hadzf jumal, dan îjâz hadzf syibhul jumlah, dan terdapat delapan makna îjâz hadzf dalam Al-Qur’an juz 29 yaitu peringatan, ancaman, janji, larangan, perintah, celaan, sindiran,dan pengaduan keadaan. Diantara tujuan îjâz hadzf yang terkandung dalam Al-Qur’an juz 29 yaitu untuk meringkas, memudahkan hafalan, mendekatkan pemahaman,menyempitkan konteks kalimat,dan menyamarkan kepada selain pendengar.

 

Selanjutnya pada Al-Qur’an juz 29 ini, ayat-ayat yang mengandung îjâz hadzf  banyak terdapat pada surat Al-Muddatstsir, bentuk yang dominan adalah îjâz hadzf  syibhul jumlah, dan makna yang paling dominan adalah makna îjâz hadzf yang berkaitan dengan peringatan Allah kepada hamba-Nya.