SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

AnalisisBuku Baca Tulis Al-Qur’an untukAnak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, danYanbu’a).

Luthvia Mualifatuz Zuhro'

Abstrak


ABSTRAK

 

Zuhro’, LuthviaMualifatuz. 2017. AnalisisBuku Baca Tulis Al-Qur’an untukAnak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, danYanbu’a). Skripsi, jurusanSastra Arab, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati, M.Pd, (II) Dr. LilikNurKholidah, M.Pd.I

 

Kata Kunci: analisis, buku, karakteristik

Al-Qur’an diturunkanoleh Allah SWT kepadaseluruhumatmuslimagar mereka memahami, mengambil pelajaran serta menjadikannya pedoman untuk mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Al Qur’an adalahKitab Allah SWT.untuksemuamanusia yang mengandungnilai-nilai universal yang kontekstualuntuksegalazaman. Untukmengetahuinilai-nilai yang universal tersebutmaka Al Qur’an perludipelajarimelaluibukudanmetode yang tepat.Buku Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) An-Nahdliyah, Bil-Qalam, danYanbu’aadalahbuku yang digunakan di sebagianbesarwilayahJawa Tengah danJawaTimur. Dalamhalini, buku Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) An-Nahdliyah, Bil-Qalam, danYanbu’atermasukbuku yang baikuntukdigunakandalampembelajaranAl-Qur’an.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karakteristik buku Baca Tulis Al-Qur’an untuk anak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, dan Yanbu’a)dari segi huruf, kata, kalimat atau ayat Al-Qur’an, warna, gambar, jenis huruf, dan hiasannya, (2) kualitas isi buku Baca Tulis Al-Qur’an untuk anak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, dan Yanbu’a)ditinjau dari segi kemudahan mempelajari dan mengajarkannya, kejelasan hurufnya, dan keruntutan materinya.

Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskripstifkualitatif.Data dalampenelitianiniadalahinformasiatauisidaribuku Baca Tulis Al-Qur’an untukanak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, danYanbu’a) yang terkait dengan karakteristik dan kualitas isi buku.Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data yang diambil dari sumber utama, yakni buku Baca Tulis Al-Qur’an untuk anak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, dan Yanbu’a). Intrumendalampenelitianiniadalahpenelitisendiridanintrumenpendukungnyaadalahpedomananalisis data.Langkahanalisisdalampenelitianiniadalahpeneliti membaca buku Baca Tulis Al-Qur’an untuk anak (An-Nahdliyah, Bil-Qalam, danYanbu’a) secara keseluruhan, mengidentifikasikarakteristikdankualitasisibuku, mereduksi data yaknimemilih data yang relevanuntukdianalisis, menganalisis data yang telahadadan yang terakhirmenyimpulkankarakteristikdankualitasisibuku-bukutersebut.

Adapunhasilpenelitianiniadalah1) ditinjau dari segi karakteristiknya,buku An-Nahdliyah terdiri atas enam jilid, Buku Bil-Qalam terdiri atas empat jilid, dan buku BTA Yanbu’a terdiri atas delapan jilid. Ketiganya memiliki sampul yang warnanya berbeda-beda.Namun, memilikitampilan dalam (isi buku)yang kurang menarik, yaknikertas yang digunakan berwarna putih dan tulisannya berwarna hitam. 2) dari segi kualitas, buku BTA An-Nahdliyah, Bil-Qalam, dan Yanbu’a mudah dipelajari, hurufnya jelas, terdapat evaluasi pada tiap bukunya, dan mudah diajarkan. Dari ketigabukutersebut, bukuYanbu’aadalah yang paling mudahdipelajaridandiajarkan, karenamaterinyalebihlengkap, runtut, dansistematis.Adapunbuku An-Nahdliyahberbedadaribuku yang lain, yaitumenambahkanmaterido’asehari-hari. AdapunbukuBil-Qalamlebihsedikitmaterinyadanlebihfokuspadapengajaranmembaca Al-Qur’an.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru Madrasah Diniyyah untuk memilih buku Baca Tulis Al-Qur’an yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan pengajaran Al-Qur’an di Lembaga yang sedang diajar. Kemudiankepadapenulisbukuhendaknyalebihmemperhatikansegiartistikbuku, sehinggaisibukulebihmenarikdanbervariasi. Dan diharapkankepadapenelitiberikutnyauntukbisamenelitibuku Baca TulisAl_Qur’an lain dariberbagaiaspek yang berbeda.