SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Android Kamus Jamak Taksir Berbasis Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (ABY)

Ainal Mardiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiyah, Ainal. 2017. Pengembangan Aplikasi Android Kamus Jamak Taksir Berbasis Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik (ABY). Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, (II) Laily Maziyah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: aplikasi android, kamus, jamak taksir, ABY

Faktor utama berhasilnya pembelajar bahasa asing (Arab) adalah banyaknya kosakata yang dihafal dan dipahami. Kamus memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu sebagai rujukan yang mengarahkan para pelajar kepada pemaknaan kata secara benar untuk belajar bahasa Arab. Ditambah adanya karakteristik bahasa Arab yang menjadi problematika pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, seperti pada materi jamak taksir, yang memiliki bentuk bervariasi dan perlu dihafalkan. Perkembangan teknologi memicu berkembangnya bentuk kamus ke dalam bentuk aplikasi android. Sehingga aplikasi kamus ini dikembangkan untuk bisa menyelesaikan problematika jamak taksir dengan berbasis buku ABY. Buku ABY digunakan sebagai sumber karena sajian materi yang komprehensif, mudah dipahami dan banyak digunakan oleh kalangan pembelajar bahasa Arab.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan produk aplikasi android kamus Jamak Taksir berbasis buku ABY, (2) mendeskripsikan kelayakan aplikasi android kamus Jamak Taksir berbasis buku ABY dan (3) mendeskripsikan efektifitas aplikasi android kamus Jamak Taksir berbasis buku ABY.  

Penelitian ini dilakukan dengan metode R&D yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji ahli, (5) revisi awal, (6) uji lapangan dan (7) revisi akhir. Data penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif yang berupa jawaban para ahli dan para mahasiswa terhadap isi angket dan wawancara. Adapun data kuantitatif bersumber dari nilai validitas saat uji ahli dan lapangan. Teknik analisis data disesuaikan dengan jenis data. Data kualitatif dianalisis dengan beberapa tahap, diantaranya: identitifikasi data, pengelompokan data, penyajian, dan penjelasan data, serta penyimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis presentase.

 

Produk penelitian ini berupa aplikasi android kamus Jamak Taksir yang berisi 600 lebih kata tunggal yang disertai contoh kalimat dan materi tentang jamak taksir. Secara umum, hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan efektif. Hal tersebut terlihat dari hasil validasi yang menunjukkan sangat efektif untuk aspek materi dan media. Sebagaimana hasil angket yang diberikan kepada para mahasiswa, menunjukkan sebagian besar mahasiswa menyukai aplikasi ini. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil penilaian para mahasiswa sangat efektif.