SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Pembelajaran Bahasa di SMA di Kabupaten Tulungagung

Lia Faridatus Sha'diyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Bahasa Asing merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA. Terdapat bebarapa bahasa asing yang diajarkan di SMA di Tulungagung salah satunya bahasa Arab karena mayoritas penduduk di Indonesia beraga Islam begitu juga di Kabupaten Tulungagung. Meskipun begitu, di Tulungagung belum ada data tentang SMA yang mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Tulungagung yang meliputi kebijakan dan dukungan sekolah, kualifikasi guru, bahan ajar, kurikulum, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif . Data diambil dari 10 SMA dengan sampel acak dari 24 SMA di Kabupaten Tulungagung. Data diperoleh dari pengisian angket yang telah diisi oleh guru (responden) bahasa Arab. Analisis data dimulai dari tahap persiapan, klasifikasi data, tabulasi, dan interpretasi.

 

Berdasarkan hasil analisis data, penulis memperoleh data sebagai berikut, (1) sebagian besar sekolah membuka mata pelajaran bahasa Arab di setiap semester, (2) mayoritas  guru bahasa Arab bukan lulusan pendidikan bahasa Arab, (3) bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab setiap sekolah berbeda-beda, yaitu satu sekolah menggunakan buku Percakapan Bahasa Arab dan  Pengantar Ilmu Nahwu, dua sekolah menggunakan buku  اللغة العربية للمدرسة الثانوية العامة , satu sekolah menggunakan buku  درس اللغة العربية 1-7, satu sekolah menggunakan buku Muhawarah dan satu sekolah menggunakan buku  اللغة  العربية للمبتدئين ,(4) kurikulum yang digunakan di enam SMA di Tulungagung adalah KTSP, lima sekolah menggunakan kurikulum KTSP dari Kemendikbud dan satu sekolah menggunakan kurikulum KTSP dari Kemenag, (5) semua  guru menggunakan strategi eklektik yaitu penggabungan dari beberapa strategi yang ada dalam setiap ketrampilan bahasa, (6) media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bermacam-macam yaitu media visual, audio dan audio visual,dan (7) lima guru bahasa Arab melakukan evaluasi setiap akhir pembelajaran bahasa Arab dan satu guru melakukan evaluasi dua kali dalam satu semester yautu pada UTS dan UAS.