SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

الأمر في بعض سور القرآنو ترجمة معانيهفي اللغة الإندونيسية

kholisnah minal balwa

Abstrak


ABSTRAK

 

Minal Balwa, Kholisnah. 2016. Kata Perintah dalam Beberapa Surat dalam al-Qur’an dan Terjemahannya kedalam Bahasa Indonesia. Skripsi, Jurusan  Sastra  Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. NurulMurtadho, M. Pd. (2) Ali Ma’sum, S. Pd., M.A.

 

Kata Kunci: Amr, ilmu ma’aniy, kalam insya’, insya’ tholabiy.

Amr atau kata perintah adalah meminta orang kedua untuk melakukan pekerjaan. Amr dalam al-Qur’an tidak hanya dengan menggunakan kata perintah tetapi ada juga amr dengan menggunakan isim mashdar dan dengan menggunakan subyek kata perintah yang mana keduanya membutuhkan penafsiran dan metode penerjemahan dalam bahasa Indonesia agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan amr. Tidak semua amr dalam al-Qur’an memiliki makna perintah yang sesungguhnya melainkan adapula amr untuk menantang dan menghina, makadariitukitaharusmengetahuimaknadariamr.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup ayat-ayat yang di dalam kalimatnya terdapat kata perintah, bentuk dari kata perintah atau amr, maknadan terjemahannya dalam bahasa Indonesiaserta pergeserannya dalam bahasa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah al-Qur’an, kitab-kitab yang berhubungan dengan juduldan tafsir al-mishbah karangan Prof. Dr. Quraish Shihab. Peneliti sebagai instrumen pengumpul data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kajian kepustakaan. kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data, pengidentifikasian kemudian pendeskripsian makna dan terjemahannya dalam bahasa indonesia. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan dengan meneliti kata perintah atau amr di dalamnya, mendiskusikannya bersama teman dan pembimbing, kemudian refleksi.

Hasil dari penlitian ini sebagai berikut. Pertama, diperoleh enam puluh ayat yang di dalamnya terdapat kata perintah atau amr dalam surat al-Ahqafsampaidengansurat al-Hadid. Kedua, diperoleh 67amr dengan menggunakan kata perintah, duaamr dengan menggunakanfiil mudhori’ dengan lam amr, satu amr dengan menggunakan subyek kata perintah, dan empat amr dengan menggunakan mashdar pengganti dari kata perintah. Ketiga, ditemukan 21 macammaknaamr. Keempat, terjadipergeseran kelas kata pada terjemahan amr yang menggunakan mashdar pengganti dari kata perintah dan subyek kata perintah, namun tidak terjadi pada terjemahan amr dengan menggunakan kata perintah dan fiil mudhori’ dengan lam amr.

 

Dari hasil diatas, disarankan diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk para pembaca, dan untuk penelitilain, diharapkan dapat meneliti amr dalam surat-surat atau kitab-kitab yang lainnamun dalam bahasan yang berbeda.