SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis web offline untuk siswa kelas x MAN 1 Kota Malang

rudita aulia septiandini

Abstrak


ABSTRAK

 

Di era globalisasi sekarang ini, perkembangan teknologi dan komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari penjuru dunia. Oleh sebab itu, bahasa asing termasuk bahasa Arab menjadi unsur penting dalam keberhasilan seorang siswa.Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat tersebut, saat ini bermunculan istilah E-learning, online learning, web based training, online course, web based education, dan sebagainya yang membuat pergeseran orientasi belajar menjadi outside-guided menjadi self-guided. Kemajuan tersebut ditandai dengan adanya berbagai inovasi dan kreasi dalam penyampaian bahan ajar pada siswa.

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis webofflineyang layak untuk siswa kelas X MAN 1 Kota Malang, (2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web offline yang layak untuk siswa kelas X MAN 1 Kota Malang, (3) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media pembelajaran bahasa arab berbasis web offline untuk siswa kelas X MAN 1 Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan R&D (Research dan Development) yang dilakukan di MAN 1 Kota Malang  dalam waktu lima bulaln, mulai dari bulan Maret 2017 sampai dengan Juli2017. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis web offline untuk siswa kelas X MAN 1 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan observasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

 

Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis web offline, sedangkan tahapan rancangan pengembanngan media yang dilakukan yaitu : (1) Studi pendahuluan, (2) Desain produk, (3) Pengumpulan materi yang akan digunakan dalam web, (4) Pengembangan produk media pembelajaran berbasis Web, (5) Uji validasi yang dilakukan oleh uji ahli media dan uji ahli materi, (6) Revisi produk pertama, (7) Uji coba lapangan yang dilakukan dengan satu guru bahasa Arab dan satu kelas X, (8) Revisi Produk kedua, (9) Hasil akhir produk pengembangan. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar 80%, ahli materi dengan persentase total sebesar 77,5%, penilaian guru bahasa Arab di MAN 1 Kota Malang total persentase 67% dan hasil uji coba lapangan kepada siswa total persentase 73,21%. Dari hasil uji diatas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web offline yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran bahasa Arab kelas X di Madrasah Aliyah.