SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Bahasa Arab Berbasis Android untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang

Hikmatul Ayu Nisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Variasi dalam pembelajaran sangatlah diperlukan. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Namun kenyataanya penggunaan media terabaikan. Kurangnya penggunaan media pembelajaran bisa menyebabkan pembelajaran di dalam kelas monoton dan membosankan. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan media sangatlah penting. Hasil belajar diharapkan lebih bermakna dan menyenangkan jika siswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Android.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan multimedia interaktif bahasa Arab berbasis Android untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang, (2) mendeskripsikan karakteristik multimedia interaktif bahasa Arab berbasis Android untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang, (3) mendeskripsikan keefektifan multimedia interaktif bahasa Arab berbasis Android untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah RnD yang diadaptasi dari rancangan penelitian Borg and Gall, yaitu : (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) uji ahli, meliputi uji ahli materi dan media (5) revisi produk, dan (6) uji coba lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis dan persentase.

Hasil pengembangan media ini berupa aplikasi Android dengan ekstensi .apk untuk pembelajaran bahasa Arab kelas X semester genap Sekolah Menengah Atas. Media ini dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS 5. Di samping itu pengembang juga menggunakan software Adobe Photoshop CS 6 untuk membuat desain layout, gambar dan juga teks. Media ini terdiri dari empat menu utama, yaitu home, petunjuk penggunaan, materi, dan profil pengembang. Materi pembelajaran berada pada menu materi yang berisi delapan sub-menu yang berkaitan dengan tema البيئة المدرسية, dan masing-masing terbagi lagi menjadi tiga sub-menu lanjutan yang terdiri dari kosakata, wacana / dialog, dan tata bahasa.

Hasil uji kevalidan media oleh ahli materi sebesar 80%, dan ahli media sebesar 80%. Uji lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Malang kepada siswa kelas X dan guru mata pelajaran bahasa Arab. Hasil uji lapangan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab sebesar 100%, siswa sebesar 85,5%.

 

Setelah melalui tahap validasi materi, validasi media, penilaian oleh guru dan penilaian oleh siswa dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif bahasa Arab berbasis Android ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.