SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X MIPA 2 MAN 1 Malang

Achmad Chabib Abdul Rofiq

Abstrak


ABSTRAK

 

Salah satu kemahiran berbahasa yang ada dalam bahasa Arab adalah kemahiran membaca. Tujuan dari kemahiran membaca adalah siswa mampu membaca dengan lancar, tepat makhraj-nya, dan memahami isi teks. Namun pembelajaran kemahiran membaca masih tergantung terhadap guru, strategi pembelajaran masih pada guru-centris. Strategi pembelajaran berperan penting dalam sebuah proses pembelajaran. Strategi pembelajaran juga dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. TASC adalah salah satu strategi belajar aktif yang menuntut siswa berfikir aktif dalam pembelajaran dengan menghubungkan pelajaran yang didapat dengan pengalaman yang siswa punya.

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan penerapan strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) untuk pembelajaran kemahiran membaca bahasa Arab siswa kelas X MIPA 2 MAN 1 Malang. (2) mendeskripsikan efektifitas penerapan strategi Thinking Actively in Social Context (TASC) untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas X MIPA 2 MAN 1 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ada dua macam yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-tes dan post-test. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi, beserta kuisioner. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pertemuan pertama untuk penyampaian materi dan pertemuan kedua untuk evaluasi. Penentuan jumlah siklus yang dilaksanakan peneliti dilihat dari hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas X MIPA 2 meningkat, baik membaca nyaring maupun pemahaman terhadap bacaan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan strategi TASC. Pernyataan tersebut berdasarkan pada data sebagai berikut: niali rata-rata untuk membaca nyaring pada saat siklus I 67,12 dan setelah siklus II meningkat menjadi 73,86. Sedangkan untuk nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap teks pada saat pre-test adalah 71,96. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 79,24. Dan setelah siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 83,54. Peningkatan nilai ini dipengaruhi oleh suasana belajar yang kondusif dalam belajar kelompok. Semakin kecil anggota kelompok maka akan semakin efektif kinerja seorang siswa dalam belajar. Saran untuk peneliti lain yang meneliti strategi TASC hendaknya meneliti kemahiran lainnya, terutama kemahiran menulis yang belum pernah dilakukan oleh peneliti lain.