SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab di SMA di Kabupaten Banyuwangi

Maya Eka Armita Mu'asholi

Abstrak


ABSTRAK

 

Beberapa SMA di Kabupaten Banyuwangi terdapat mata pelajaran bahasa Arab. Hal ini ditekankan karena bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur’an dan termasuk bahasai nternasional. Sesuai dengan kurikulum 2013 bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib dalam peminatan kebahasaan dan mata pelajaran peminatan akademik berlakuuntuk kelas X, XI dan XII.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peta pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Banyuwangi yang meliputi (1) kebijakan kepala sekolah terhadap pelajaran bahasa Arab, (2) kualifikasi guru, (3) kurikulum pembelajaran, (4) bahan ajar, (5) strategi pembelajaran, (6) media pembelajaran, dan (7) evaluasi pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 10 SMA di Kabupaten Banyuwangi. Data penelitian berupa jawaban guru (responden) terhadap isi angket. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan data, identifikasi dan klasifikasi data.

 

Dari 10 SMA tersebut, terdapat tiga SMA yang tidak mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat empat SMA yang mewajibkan pembelajaran bahasa Arab dan tiga SMA menggunakan pelajaran bahasa Arab sebagaimata pelajaran peminatan bahasa, (2) sebagian besar guru belum memiliki kualifikasi sebagai guru bahasa Arab professional dan sebagian besar guru tidak pernah mengikuti penataran, lokakarya, ataupun seminar yang berkaitan dengan bahasa Arab. Untuk mengatasi hal tersebut diatas, kebanyakan guru bahasa Arab dipilih karena mereka pernah menempuh pendidikan di pesantren, (3) kurikulum pembelajaran yang digunakan oleh sebagian besar guru di SMA di Kabupaten Banyuwangi adalah kurikulum 2013 dari kemendikbud dan dikembangkan menjadi Silabusdan RPP, (4) bahan ajar atau buku teks yang digunakan oleh guru bermacam-macam karena tidak adanya komunikasi antar guru bahasa Arab di Kabupaten Banyuwangi, namun sesuai dengan kurikulum yang berlaku, (5) strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam keterampilan berbahasa Arab beranekaragam, (6) media pembelajaran yang digunakan bermacam-macam yaitu, gambar-gambar, benda tiruan, bagan, media elektronik, dan lain-lain, (7) penggunaan jenis tes yang sering digunakan yaitu jenis tes lisan dan testulis, dan lebih sering melakukan evaluasi pada akhir unit pelajaran, serta menggunakan tes penguasaan kosa kata.