SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Al-Murabba’a Al-Mukhatthatha (MUMU) sebagai Suplemen Penguasaan Kosakata Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 3 SD Alam Ar-Rohmah Malang

Nurcahyani Arifin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifin, Nurcahyani. 2017. Pengembangan Buku Al-Murabba’a Al-Mukhatthatha (MUMU) sebagai Suplemen Penguasaan Kosakata Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 3 SD Alam Ar-Rohmah Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd, (II) Laily Maziyah, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: buku MUMU, scrabble, kosakata

 

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan melakukan inovasi terhadap buku ajar atau memberikan buku pelengkap terhadap buku induk. Buku MUMU merupakan buku yang mengadopsi dua permainan pembelajaran bahasa yaitu teka-teki silang dan scrabble. Buku tersebut menunjang penguasaan kosakata bahasa Arab.Hal tersebut menjadi solusi peneliti untuk mengembangkan buku MUMU siswa kelas 3 SD Alam Ar-Rohmah yang menjadi masalah dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut.Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk dan mendeskripsikan keefektifan buku MUMU.

Penelitian buku MUMU menggunakanmetode pengembanganresearch and develoment (R&D) yang diadaptasi dari Borg and Gall (1983) dengan tujuh komponen berikut: (1) mencari masalah dan pengumpulan data, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli, (5) revisi I, (6) uji coba lapangan terbatas dan (7) revisi II dan (8) produk akhir.Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD Alam Ar-Rohmah Malang.Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif.Data kuantitatif diperoleh dari angket skor penilaian oleh para ahli media, ahli materi, guru dan siswa.Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari ahli media dan ahli materi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, pre test, post test dan angket skor penilaian. Adapun  teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Produk yang dihasilkan berupa buku MUMU yang terdiri dari 11 kompenen, meliputi: (1) petunjuk penggunaan buku MUMU, (2) identitas pemilik buku, (3) huruf hijaiyah, (4) cover judul tema, (5) materi, (6) kosakata bersambung dan terpisah, (7) latihan MUMU, (8) latihan variasi, (9) area menggambar, mewarnai dan menulis, (10) kamus kosakata dan (11) latihan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data dariahli media menyatakan cukup valid, ahli materi, guru praktisi pembelajaran, dan pengguna menyatakan valid. Hasil nilai pre test dan post test menunjukkan bahwa buku MUMU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab, sehingga dapat disimpulkan dari seluruh akumulasi nilai bahwa buku MUMU dinyatakan valid atau layak diaplikasikan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar menerapkan buku MUMU sebagai suplemen penguasaan kosakata bahasa Arab khususnya di SD Alam Ar-Rohmah Malang.